PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN MODUL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 KOTA LHOKSEUMAWE

Nelly Palungan

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh tentang: 1) bentuk pembelajaran melalui pamanfaatan modul untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan di kelas X SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumawe; 2) meningkatkan ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran, dan 3) meningkatkan aktifitas belajar siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis statistik sederhana, dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action) yang direncanakan dalam 2 siklus dan dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat 4 tahap kegiatan, yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 8 siswa. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik tes, observasi dan catatan lapangan. Sedangkan, data hasil tes awal, siklus I dan II dianalisis menggunakan persentase ketuntasan belajar siswa, baik individu maupun klasikal. Dari hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Lhokseumawe, terlihat dari indikator observasi aktivitas guru dan kinerja siswa, yaitu pada siklus I dalam kategori kurang, namun siklus II meningkat menjadi kategori baik, yaitu pada siklus I hanya 70,00% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II

Kata kunci:  peningkatan, ketuntasan belajar, modul


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Latuheru, JD. 1988. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin. 1995. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.