PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUTABLANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran oleh guru, siswa sibuk dengan hal yang lain, siswa kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga tidak mampu berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pun masih kurang dalam pelajaran, sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas V SD Negeri 2 Kutablang pada materi organ pernapasan pada manusia dengan model pembelajaran Project Based Learning. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kutablang yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Sedangkan, teknik analisis data penelitian adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Kutablang setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi organ pernapasan pada manusia mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 66,67% menjadi 86,67% pada siklus II; 2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa, terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus, baik pada guru maupun saat siswa mengikuti pembelajaran; dan 3) respon siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materi organ pernapasan pada manusia menunjukkan hasil yang memuaskan, terlihat dengan jumlah respon siswa mengalami peningkatan yang signifikan terhadap proses pembelajaran yang diberikan guru.
Kata kunci: peningkatan hasil belajar, model pembelajaran project based learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Jagantara. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA ditinjau dari Organ Pernapasan pada Manusia. E-Journal Program Pascasarjana. Vol. 4.
Kristanti. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 5 No. 2 Hal 122-128.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. 2015. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 4.
Qadar. 2015. Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pda Pembelajaran Optikal dengan Pendekatan Demontrasi Interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2 No. 1.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar: Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Surya. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbi. 2015. Psikolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.