PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA

Sharfina Sharfina

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuala; dan 2) pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kota Juang kabupaten Bireuen Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun sampel penelitian yaitu siswa SMA Negeri I Kuala yang terdiri dari dua kelas, peserta didik kelas X/3 yang berjumlah 25 siswa dan kelas X/5 yang berjumlah 25 siswa, yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan proses sains kelas X SMA Negeri 1 Kuala pada materi pemuaian; dan 2) terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala pada materi pemuaian.

Kata kunci:  pengaruh, model pembelajaran generatif, keterampilan proses sains, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ambarsari, W.; Slamet,. S.; Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1) : 81-95.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

______________. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati; Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani, D., dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X (1) : 79-88.

Nasir, M.; Ahmad,. H.; Nyoman, S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan LKS Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (ITGS) terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMAN 1 Aikmel. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA),1(1):78-90.

Wena, M. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Widayati, E. Y. 2015. Penguasaan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Studi Pada Madrasah Mitra Stain Ponorogo). Kodifi Kasia, 9(1) : 171-198.

Wijaya, Suastra; Muderawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Proses Sains. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi. Pendidikan IPA Vol. 4 Hal 1- 11.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.