PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI I3 JANGKA

Maulidasari Maulidasari

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 13 Jangka. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 13 Jangka. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan terdiri dari: 1)  tes kemampuan hasil belajar yang berupa soal uraian sebanyak 10 butir; 2) lembar angket minat belajar siswa sebanyak 30 item. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji Anava 2x2 sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan Pendekatan PBM, terlihat dari skor rata-rata Pendekatan Kontekstual yaitu 33,91; dan skor rata-rata PBM yaitu 26,41. Selain itu, terlihat dari hasil uji ANAVA yaitu hasil belajar siswa adalah Fhitung = 64.902, sedangkan Ftabel = 4.00, karena Fhitung ˃ Ftabel maka H0 ditolak; dan 2) hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan tidak terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA.

Kata kunci:  pengaruh, strategi pembelajaran, minat belajar, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bandung: Bumi Aksara.

_. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis, DR. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen. Pendidikan Tinggi.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Harjanto. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. 1988. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Irianto, A. 2004. Statistik. Jakarta: Kencana.

Kunandar. 2011. PTK sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Marzuki. 2012. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika antara Siswa yang diberi PBM dengan Pembelajaran Langsung. Tesis Magister Pendidikan. Medan: PPs Universitas Negeri Medan.

Muhammad, Arni. 2014. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslikah. 2010. Sukseskan Propesi Guru dengan PTK. Yokyakarta: Interprebook.

Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Dr. Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Bandung: Tarsino.

Soedjadi. 2001. Pendidikan, Penalaran, Kontruktivisme, Kreativitas Sajian dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: PPS IKIP.

Suherman, E. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakata: Depdikbud.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suparno, P. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.