SISTEM KEAMANAN WEBSITE MENGGUNAKAN SMS DENGAN METODE MULTIPLICATIVE RNG

Fitri Rizani

Sari


ABSTRAK

Keamanan jaringan komputer yang merupakan bagian dari sistem informasi sangat penting untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersediaan layanan bagi penggunanya. Sistem harus dilindungi dari serangan dan usaha penyusupan atau pemindaian oleh pihak yang tidak berhak. Sistem deteksi penyusupan jaringan yang ada saat ini umumnya mampu mendeteksi berbagai jenis serangan tetapi tidak mampu mengambil tindakan lebih lanjut. Selain itu, sistem yang ada tidak berinteraktivitas dengan administrator. Multiplicative RNG merupakan metode pembangkitkan bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer, dengan memanfaatkan model linier untuk membangkitkan bilangan acak. Ciri khas dari MRNG adalah terjadinya pengulangan pada periode waktu tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan. Hal ini adalah salah satu sifat dari metode ini dan pseudo random generator pada umumnya. Penentuan konstanta MRNG (a,c dan m) menentukan baik tidaknya bilangan acak yang diperoleh dalam arti memperoleh bilangan acak yang seakan-akan tidak terjadi pengulangan. Bilangan random yang dihasilkan dari metode Multiplicative RNG dipastikan tidak sama antara satu dengan lainnya.

Kata kunci:  sistem keamanan website, SMS, metode multiplicative RNG


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Budicahyanto, D. 2003. Membangun Aplikasi Handphone dengan Mobile FBUS dan Visual Basic. Yogyakarta: Andi dan X-Oerang Technology.

Jogiyanto, H.M. 1995, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andy Offset.

Kadir. A. 2002. Dasar Pemrograman WEB Dinamis menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan. Jakarta: Grasindo.

Muzakir. 2013. Perancangan dan Uji Coba Sistem Keamanan Web Service dengan Metode Ws-Security. Palembang: Teknik Informatika Universitas Bina Darma.

____________. Sistem Keamanan Data pada Web Service menggunakan Xml Encryption. Palembang: Teknik Informatika Universitas Bina Darma.

Nugroho, A. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak dengan UML dan Java. Yogyakarta: Andy Offset.

Nurharyanti. 2011. Pengembangan Piranti Penyusun Soal Ujian Berbasis Web untuk Mata Pelajaran SMP. Yogyakarta: Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada.

Riadi. 2008. Optimalisasi Keamanan Website dengan Captcha. Yogyakarta: Prodi. Ilmu Komputer Universitas Ahmad Dahlan.

Ri2M. 2010. Network and Security. http://ftp.labkom.bl.ac.id/. diakses pada 22 Desember 2018

Setyo. 2011. Aplikasi Ujian Online di RSBI SMAN 2 Mojokerto. Jawa Timur: Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Tarigan. 2012. Membangun SMS Gateway Berbasis Web dengan Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.