UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 7 MAKMUR PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

Fachrurazi Fachrurazi

Sari


ABSTRAK

Adapun penyebab siswa kelas V SDN 7 Makmur kurang memahami konsep volume bangun ruang dikarenakan pada pembelajaran siswa langsung diperkenalkan dengan rumus untuk menyelesaikan masalah. Akibatnya, pembelajaran dirasakan kurang bermakna dan akhirnya hasil belajar siswa SDN 7 pada materi volume bangun ruang menjadi rendah. Maka, model learning cycle 5E, membuat siswa kelas V SDN 7 Makmur aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Makmur pada materi volume bangun ruang dengan menggunakan model learning cycle 5E. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 7 Makmur sebanyak 22 siswa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, observasi kemampuan guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data, digunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 72,072% dan siklus II 86,36%. Hal ini didukung oleh kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran pada materi volume bangun ruang dengan model learning cycle 5E berada pada kategori baik dan sangat baik.

Kata kunci:  meningkatkan, hasil belajar siswa, model learning cycle 5E


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Anas, Sudjono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Anita, Lie. 2008. Cooperative Learning: Praktik Cooperative Learning di Kelas. Jakarta: Gramedia.

Erman, Suherman., kk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung: JICA-UPI.

Erni, Maidiyah. 2008. Pelatihan Profesi Guru, PTK. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Fauziatul, Fajaroh., I. Wayan, Dasna. 2008. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). http://massofa.wordpress.com/2008/01/06/pembelajaran-dengan-modelsiklus-belajar-learning-cycle/ diakes pada Minggu, 14 Agustus 2018.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan Ke 3. Jakarta: Gaung Persada Press.

Lawson. 1995. Scien Teaching and the Development of Thinking. Wadsworth: Calif.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Bandung: Lauser Cita Pustaka.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.