Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 26 Peusangan Kabupaten Bireuen dengan Pendekatan Kontekstual Pada Konsep Gaya

Muhammad Taufiq

Sari


Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran yang dilaksanakan terpusat pada guru. Demikian pula halnya di SD Negeri 26 Peusangan, dalam mengajar IPA guru masih menggunakan pendekatan konvensional. Untuk itulah diperkenalkan suatu pembelajaran yang berbasis terpusat pada siswa yaitu dengan pendekatan kontekstual. Dari tiga siklus yang dilakukan mendapatkan hasil sebagai berikut: 1)  dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa,  2) dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkat-kan  aktivitas belajar siswa, dan 3) dengan pendekatan kontekstual  mendapat respon yang positif dari siswa.

 

Kata Kunci:  Pendekatan kontekstual, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Blitbang Depdiknas.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2002. Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Melalui Pendeklatan Pendidikan Berbasis Luas (BBE) Buku 1. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2002. Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Melalui Pendeklatan Pendidikan Berbasis Luas (BBE) Buku 2. Jakarta: Depdiknas.

Hamidin, Z. 2001. P&P Kontekstual Sains dan Matematik - bah.2, Google, (online), (http://www.tutor.com.my/tutuo/dunia.asdp?y.001&dt=123&pub=Dunia Pendidikan & sec = kertas kerja & pg=kk 01.htm, diakses 10 Juli 2003).

Kemmis, Mc & Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual (Contektual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.

Pearson Malaysia. 2003. Strategi Pembelajaran sains. Google, (online), (http://www.Cikgu.net/malay/teknik mengajar/sains.php3, diakses juli 2003.

Rustana, Cecep, E. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Yuwono, I. 2000. Paradikma Baru dalam Pembelajaran Matematika.Makalah disajikan pada Seminar Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah, Jurusan Matematika UM Malang, 25 Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.