MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN MELALUI STANDAR OPERATING PROCEDURE (SOP) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA XI ADP SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pelajaran pengantar administrasi perkantoran dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Lhokseumawe tahun pelajaraan 2016/ 2017. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 4 langkah, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI ADP SMK Negeri 1 Lhokseumawe tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan: a) observasi, b) wawancara, c) tes dan d) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pelajaran pengantar administrasi perkantoran melalui SOP dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI ADP SMK Negeri 1 Lhokseumawe tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dalam indikator berikut: 1) peningkatan keaktifan siswa 20,59% (dari 70,59% siklus I menjadi 91,18 siklus II), 2) peningkatan keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan 26,47% (dari 61,76% siklus I menjadi 88,24% siklus II), 3) peningkatan keaktifan siswa dalam diskusi dengan 26,47% (dari 70,65% siklus I menjadi 97,06% siklus II), 4) peningkatan hasil belajar prestasi dengan 8,03% (dari 78,15% siklus I menjadi 86,18% siklus II).
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, keaktifan siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arends, Richard. 2001. Learning to Teach. New Jersey: The Me. Grawhill Companies, Inc.
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
http://id.shvoong.com/socialsciences/1961/62-keaktifan-siswa.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif-Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana, Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharsimi, Arikunto; dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.