SISTEM INFORMASI TRANSPARANSI KEUANGAN DESA DI KECAMATAN PEUSANGAN BERBASIS MOBILE

Imam Muslem R, Sriwinar .

Sari


ABSTRAK                                                        

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi transparansi dana desa di Kecamatan Peusangan berbasis web dan mobile. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dimulai dari tahap analisis kebutuhan, berupa pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan metode studi literatur, wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis sehingga menghasilkan model sistem yang diinginkan. Langkah selanjutnya membuat perancangan berdasarkan model yang telah ada, dimulai dari perancangan diagram konteks, perancangan basis data, perancangan UX Diagram serta perancangan tampilan Input dan Output sistem. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) data yang digunakan dalam penelitian adalah data dummy, artinya bukan data real melainkan format data. Sedangkan data real diisi oleh pengguna ketika sistem selesai dikerjakan, mulai dari operator kecamatan hingga operator desa. 2) Hubungan masyarakat dengan sistem tidak digambarkan dalam konteks diagram, dikarenakan masyarakat tidak perlu hak akses khusus untuk masuk dan melihat data transparansi dana desa, namun bisa diakses dengan mengunjungi halaman beranda dari sistem informasi transparansi dana desa. 3) Untuk rencana tahapan selanjutnya, dilakukan desain tampilan input dan desain tampilan output, baik untuk operator maupun untuk masyarakat.

Kata kunci:  dana desa, mobile, sistem informasi, transparansi, web.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Al Fatta, H. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Alter, S. 2006. The work system method: connecting people, processes, and IT for business results: Work System Method.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen. 2017. www.bireuenkab.bps.go.id (diakses 10 Juni 2017).

Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2017. www.kemendesa.go.id (diakses 20 Mei 2017).

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. 1993. Management Information Systems: a Contemporary Perspective. Prentice Hall PTR.

Murdick, R. 1993. Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Nadir, S. 2013. Otonomi Daerah dan Desentralisasi Desa: Menuju Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Politik Profetik.

Pressman, R. S. 2005. Software Engineering: a Practitioner's Approach. Palgrave Macmillan.

Rivai, D. A., & Purnama, B. E. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web. SMK Miftahul Huda Ngadirojo. IJNS-Indonesian Journal on Networking & Security, 3(2).

Sujarweni, W. 2015. Akuntansi Desa: Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.

Susanto, A. 2004. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Via, V. Z. 2015. Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa oleh Pemerintah Desa. Digital Repository Universitas Jember.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • »