KEBIASAAN MEMBACA SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN DEWANTARA

Ririn Rahayu, Trisfayani ., Radhiah .

Sari


ABSTRAK                                                        

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebiasaan membaca siswa SMP Negeri se-Kecamatan Dewantara. Asumsi dilakukannya penelitian adalah rendahnya kebiasaan membaca siswa belum mendapatkan perhatian yang serius sejak SMP hingga jenjang Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tindakan penelitian dilakukan dalam satu sesi, yaitu: pengumpulan data yang berkenaan dengan kebiasaan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kebiasaan membaca siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Dewantara berjumlah 40,29 dibulatkan 40 yang berada pada kategori rendah. Salah satu kemungkinan penyebab hasil kebiasaan membaca siswa rendah adalah siswa ketika menjawab angket kebiasaan dalam keadaan terburu-buru, buku-buku yang terdapat di perpustakaan sekolah sangat terbatas, terbukti dari hasil pengamatan penulis dan hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa siswa. Buku yang tersedia di perpustakaan sekolah hanya buku pelajaran. Sedangkan buku pengetahuan umum, cerpen, kisah hidup, buku hiburan sangat sedikit.

Kata kunci:  kebiasaan membaca siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ardhana, I Made. 2007. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Berorientasi Konsep Jengah dan Konstruktivis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. 5 (3): 606-621.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahry, Rajab. 2003. Kebiasaan dan Minat Membaca Siswa SD Blangkejeren. Mon Mata (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Bidang Pendidikan) 5 (1): 57-63

Bugin, Burhan. 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Depdiknas. 2007. Pengembangan Media Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Harjasujana dan Mulyati. 1996/1997. Membaca 2. Jakarta: Depdikbud.

Jamilah. 2007. Tingkat Penguasaan Materi Pembelajaran Membaca dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi oleh Guru SMA Kota Lhokseumawe. (Tesis Mahasiswa). Banda Aceh: Unsyiah.

Putra, Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT Indeks.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif R & B. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 1987. Bimbingan Perkembangan Jiwa Anak. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon. DP. 1987. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendri Guntur. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.