Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa di Universitas Almuslim Bireuen
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sikap ilmiah mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrata yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan sikap ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional. Penelitian dilakukan di Universitas Almuslim Bireuen. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III yang mengambil matakuliah zoologi invertebrata pada Tahun Ajaran 2010/2011, berjumlah 5 kelas paralel. Sampel pada penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen A (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan kelas kontrol C (Pembelajaran Tradisional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan sikap ilmiah yang signifikan antara mahasiswa yang dibelajarakan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional, thitung = 2,89, P = 0,00. Sikap ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (0,45 ± 0,04) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (0,31 ± 0,03).
Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, sikap ilmiah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akinoglu, O. & Tandogan, R.O. 2006. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1):71-81.
Allen, D. & Tanner, K. 2003. Approaches to Cell Biology Teaching: Learning Content in Context – Problem-Based Learning. Cell Biology Education, 2:73-81.
Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta:Rineka Cipta.
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Rineke Cipta.
Fraser, B.J. 1981. TOSRA Test of Science Related Attitudes Handbook. Victoria:Australian Council for Educational Research.
Kennedy, L.M. & Tipps, S. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematics. 7th ed. California: Wadswort.
Piliang, R.A. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII
SMP Hangtuah 2 Medan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Bandung:Falah Production.
Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Surakarta:FKIP UNS.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.