PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR
Sari
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar matematika siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMA Negeri 1 Kuta blang. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan pada beberapa materi matematika diantaranya SPLTV. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran AIR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi SPLTV di SMA Negeri 1 Kuta Blang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Kuta Blang yang berjumlah tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil satu kelas, yaitu kelas X 1 dengan jumlah siswa 20 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes. Data hasil tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh thitung ttabel, yaitu 2.99 > 2.101, maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran AIR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi SPLTV di SMA Negeri 1 Kuta Blang.
Kata kunci: model pembelajaran AIR, kemampuan berpikir kreatif
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Annik, (Pujiastutik H. 2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition. Proceeding Biology Education Conferece. Vol 13(1) 2016: 515-518.
Syaefudin, U. & Syamsuddin, A. 2007. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, Munandar. 2009. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.