IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KOTA LHOKSEUMAWE

Cut Helma

Sari


ABSTRAK

Proses pembelajaran dengan pendekatan supervisi klinis merupakan upaya meningkatkan kinerja guru PKN pada SMP Negeri 4 Lhokseumawe dan SMP Swasta Islam Pase. Supervisi klinis adalah pembinaan performan guru dalam mengelola proses pembelajaran, yang pelaksanaannya membutuhkan perangkat seperti RPP, instrument observasi dan tercapai kesepakatan waktu pelaksanaan observasi kelas dan didesain secara praktis serta rasional. Sehingga, pelajar mudah memahami proses pembelajaran dan akhirnya mampu menyerap transformasi ilmu dari guru secara efektif dan menyenangkan sehingga meningkatkan kompetensi lulusan.

Kata kunci:  supervisi klinis, meningkatkan, kinerja guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, Jamal; Ma’mur. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi; Arifin, Mohammad. 2012. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman, Pupuh; Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama.

Gunawan, Ari H. 1996. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.

H. Makawimbang, Jerry. 2013. Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran: Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendra, Faizal. 2006. Skripsi S1: Supervisi Klinis dalam Mengantisipasi Konflik di SMP Islamiyah Sawangan Depok. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kartino, Kartini. 1985. Menyiapkan dan Memadukan Karir. Jakarta: CV Rajawali.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, A.A; Anwar, Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masaong; Abd., Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, Abdullah. 2010. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Peraturan Pemerintah RI No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 1992. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rugaiyah; Atiek, Sismiati. 2011. Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2003. Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet; dkk. 1990. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Saudagar, Fachruddin., Idrus, Ali. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Soetjipto; Kosasi, Raflis. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata; Nana, Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto; Tutik; Titik, Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wijaya, Cece; Rusyan, Tabrani. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • »
  • »
  • »