PENATAAN KEMBALI AREA PARKIR POLRES BIREUEN

Romaynoor Ismy, ST., MT Andi Ilhami , Husaini

Sari


Abstrak : Parkir memegang peranan penting pada suatu kawasan tertentu. Seperti halnya pada Polres Bireuen, kendaraan yang masuk setiap harinya berkisar antara rata-rata hamper 300 unit. pada jam-jam tertentu parker sepeda motor melampaui kapasitas yang ada. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak jumlah karyawan serta masyarakat yang mempunyai kepentingan di Polres Bireuen. Pada keadaan tersebut pengendara sepeda motor mulai sulit memperoleh tempat parkir. Pengguna fasilitas parkir yang kapasitas nya tidak memenuhi kebutuhan menyarankan agar dibangunnya gedung parker atau perluasan lahan fasilitas. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi kapasitas parker sepeda motor yang ada terhadap demand yang bertambah di Polres Bireuen. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk penataan parkir yang sesuai dan memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga letak parker sesuai dengan tata ruang yang telah tersedia di Polres Bireuen. Data yang dikumpukan untuk penelitian antara lain yaitu data primer yang didapat daripengamatan dan data sekunder yang didapat dari Polres Bireuen. Metode yang digunakan adalah melalui Pengukuran Volume Parkir , Penggantian Parkir, Akumulasi Parkir dan Indeks Parkir. Hasil yang diharapkan adalah penataan parkir yang sesuai dan memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga letak parker sesuai dengan tata ruang yang telah tersedia di Polres Bireuen. Dari hasil rekapitulasi penataan baru kapasitas kendaraan yang tertampung dalam tempat parkir Polres Bireuen adalah 372 kendaraan sepeda motor dan 80 kendaraan mobil, sedangkan masih kurang tempat parkir di Polres Bireuen disebabkan akumulasi kendaraan adalah 475 kendaraan. Jumlah kendaraan yang tidak tertampung 103 untuk kendaraan sepeda motor. volume parkir yang tidak tertampung adalah 136.5 m untuk kendaraan sepeda motor, sedangkan untuk kendaraan mobil sudah mencukupi. Maka sebaiknya dibangun tempat parkir yang baru agar dapat menstabilkan volume parkir yang ada di Polres Bireuen.

 

Kata Kunci: Parkir, Akumulasi, Volume Parkir

 

 

Abstract : Parking plays an important role in a particular area. As in the Bireuen Police Station, vehicles entering each day ranged from an average of nearly 300 units. at certain hours the motorcycle parker exceeds the existing capacity. This condition is influenced by the large number of employees and people who have interests in Bireuen Polres. In such circumstances, motorcycle riders began to find parking difficult. Users of parking facilities whose capacity does not meet the needs suggest that the construction of a parker building or expansion of the facility's land. In this research, it is evaluated the capacity of existing motorcycle parker to the increasing demand in Bireuen Resort Police. The purpose of this Final Assignment is to arrange the appropriate parking and meet the needs of consumers, so that the location of the parker in accordance with the spatial that has been available in Polres Bireuen. The data collected for the research include primary data obtained from observation and secondary data obtained from Bireuen Polres. The method used is through Measuring Parking Volume, Parking Replacement, Parking Accumulation and Parking Index. Expected results are the arrangement of appropriate parking and meet the needs of consumers, so the location of the parker in accordance with the spatial that has been available in Polres Bireuen. From the recapitulation result of new arrangement of vehicle capacity which accommodated in parking area of Bireuen Police is 372 motorcycle and 80 car, while still less parking area at Polres Bireuen because accumulation of vehicle is 475 vehicle. Number of vehicles not accommodated 103 for motorcycle vehicles. the volume of parking that is not accommodated is 136.5 m for motorcycle vehicle, while for car vehicle is sufficient. So should be built a new parking lot in order to stabilize the volume of parking in the Police Bireuen.

Keywords: Parking, Accumulation, Parking Volume

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abubakar, I., dkk., 1998, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian FasilitasParkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Jakarta.

Anwar, Ardian Nuril dan Idrus Idham. 2009. Tugas Akhir Studi Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit Pendidikan Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro. Semarang.

Direktur Jendral Perhubungan Darat., 1998, Pedoman Perencanaan dan

Pengoperasian Fasilitas Parkir, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Edward, Morlock. 2008. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi . Erlangga. Jakarta.

Hobbs, F.D., 1995, Perencanaan dan Teknis Lalu Lintas, Edisi Kedua, Gadjah MadaUniversitas Press, Yogyakarta.

Munawar, A., 2004, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Beta Offset, Yogyakarta.

Pripijianan, P., 1999, Eavaluasi Kapsitas Areal Parkir Rumah Sakit Panti RapihYogyakarta, Penelitian Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Suparman., 2007, Analisis Kapasitas Parkir di Kampus Babarsari Universitas AtmaJaya Yogyakarta, Penelitian Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Atma Jaya Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.