PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN COLORING FAMILY DI TK IDHATA MATANGGLUMPANGDUA BIREUEN
Sari
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian pengabdian masyarakat melalui kegiatan coloring family ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan di sekolah TK Idhata Matangglumpangdua Kabupaten Bireuen pada tanggal 28 s.d 29 Januari 2019 dengan jumlah peserta 20 orang. kegiatan ini bertujuan untuk melatih anak dalam mengasah keterampilan motorik yang mereka miliki, baik motorik kasar maupun motorik halus. bagi anak usia dini keterampilan motorik sangat penting karena disamping kemampuan kognitif anak juga harus memiliki keterampilan motorik terutama keterampilan motorik halus. keterampilan motorik halus adalah gerakan tubuh yang melibatkan otot – otot kecil seperti jari tangan, pergelangan tangan dan lain – lain. Gerakan Motorik Halus terutama yang melibatkan otot tangan dan jari biasanya membutuhkan kecermatan tinggi, ketekunan dan koordinasi antara mata dan otot kecil. Semakin baik gerakan motorik halus membuat anak dapat berkreasi, seperti menggunting, menggambar, mewarnai, merobek, menulis, meronce, melipat, menjahit, meremas, menggenggam, menganyam dan sebagainya. oleh karena itu, keterampilan motorik anak ini perlu selalu diasah sedemikian rupa agar otot – otot jari tangan anak lebih kuat dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang berhubungan dengan motorik. oleh karenanya kegiatan pengabdian coloring family yang telah dilakukan merupakan salah satu cara untuk mengasah dan melatih keterampilan motorik anak.
Kata Kunci: pengembangan, kreativitas, coloring family
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Sujiono, Yuliani; Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan PAUD. Jakarta: Indeks.
Hurlock, E. 2004. Perkembangan Anak. terj. Meitasari, Tjandrasa; Muchlisoh, Zakarsih. Jakarta: Erlangga.
Sukmadinata, N. S. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, John. 2007. Child Development. New York: McGrow.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.