MODEL INOVATIF PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI LAPANGAN

Rahmi Novalita

Sari


ABSTRAK

Model Inovatif pembelajaran grup Investigasi Lapangan adalah sebuah model inovatif pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa melakukan investigasi dilapangan dalam melakukan pemecahan masalah. Tujuan dan asumsi yang mendasari pengembangan pembelajaran kooperatif (cooverative learning) Model Inovatif pembelajaran grup Investigasi Lapangan adalah: a) Sinergi yang ditingkatkan dalam bentuk kerja sama akan meningkatkan motivasi yang lebih jauh besar dari pada dalam bentuk lingkungan kompetitif individual, b) Anggota–anggota kelompok kooperatif dapat saling belajar satu sama lain dilapangan, c) Interaksi  antar anggota dilapangan menghasilkan aspek kognitif, c) Kerja sama meninggkatakn perasan positif terhadap satu sama lain dilapangan, d) meningkatkan kapasitasnya untuk bekerja sama secara produktif dilapangan, dan e) munculnya kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah yang terjadi dilapangan. Struktur Pengajaran model inovatif grup investigasi lapangan meliputi 7 tahap diantaranya: Tahap Pertama; Menyajikan Situasi yang Rumit (Terencana atau tidak terencana), Tahap Kedua: Menjelaskan dan menguraikan Reaksi terhadap Situasi, Tahap Ketiga; Merumuskan Tugas dan Mengatur dalam Pembelajaran (definisi masalah, peran, tugas,dan lain-lain), Tahap Kempat; Studi yang Mandiri dan Berkelompok, Tahap Kelima; Menganalisis Perkembangan dan Proses, tahap Tahap Keenam; Mendaur ulang Aktifitas, Tahap Ketujuh: Melakukan kreatifitas. Sedangkan Teori yang melandasi model inovatif pembelajaran grup investigasi lapangan meliputi: a) Pembelajaran Kognitif Sosial, b) Psikologi Kognitif, c) Pembelajaran kontruktifisme, d) Pembelajaran Penemuan., dan e) Pembelajaran Bermakna.

Kata Kunci: Model Inovatif Pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ansyar, Mohamad. 2015. (in press). Kurikulum: Hakekat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta. Prenadamedya Group.

Dewey. J. 1968. Democracy and Education. New York: The Free Press

Joyce, Bruce&Weil, Marsha (1992) Model of Teaching, Sydney: Allyn and Bacon

Ornstein, Allan C. & Hunkins. P. 2008. Curriculum: Foundation, Principles and Issues. Englewood Cliffs. J: Prentice Hall

Schuberts, W.S. 1986. Curriculum: Perspectives, Paradigms and Possibility, New York: Macmillan Publishing Company.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »