MEWUJUDKAN PERKOPIAN NASIONAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KOPI BUBUK SKALA KECIL UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH USAHA TANI KOPI RAKYAT DI ACEH TENGAH

Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tani kopi rakyat mampu meningkatkan pendapatan petani dan layak diusahakan karena rendahnya harga yang diterima petani diduga karena panjangnya rantai komoditas pemasaran komoditas kopi dan struktur pasar yang tidak kompetitif. Periode waktu yang relatif lama bagi komoditas perkebunan untuk memperoleh hasil menyebabkan petani harus mencari alternatif pendapatan di luar usaha tani kopi diantaranya dari sektor non pertanian.

Kata kunci : Kopi Rakyat, Petani kopi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustian, A. 2007.Daya Saing dan Profil Produk Agroindustri Skala Kecil (Kajian di Propinsi Lampung). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pasca Panen untuk Pengembangan Agroindustri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Hal. 979 – 989.

Kustiari, R. 2007. Perkembangan Pasar kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia.Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Hal. 43 – 55. Kustiari, R. 2008. Pasar Kopi Dunia dan Implikasinya Bagi Indonesia. Majalah Kopi Indonesia, AEKI, Jakarta.

Pearson, S. C. Gotsch, Sjaiful Bahri. 2003. Aplikasi Policy Analysis pada Pertanian Indonesia. www.macrofoodpolicy.com Rahman, R., A. Nuhung, dan M. Rachmat. 2007. Studi Pengembangan Sistem Agribisnis Perkebunan Rakyat dalam Perspektif Globalisasi Ekonomi. Makalah Seminar Hasil Penelitian, Puslitbang Sosek Pertanian, Bogor.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »