PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X TKRO SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 22 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 22 orang dan perempuan 0 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 35.00% pada pra penelitian meningkat menjadi 65.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 80.00% pada siklus II. Keterampilan belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model, Quantum Teaching, Bahasa Indonesia, Menulis Teks Negosiasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arikunto dkk, 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Ed. Revisi, Cet. 11. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadari Nawawi. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta. Gadja Mada Universitas Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.