UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI NORMA–NORMA DALAM MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS XI TKR 2 SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ismail Ismail

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi Norma–Norma dalam Masyarakat siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model cooperative script. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI TKR 2 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 29 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 29 orang dan perempuan 0 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 36.36% pada pra penelitian meningkat menjadi 63.63% pada siklus I dan meningkat menjadi 81.81% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi Norma–Norma dalam Masyarakat siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas, Model, Cooperative Script, Kewarganegaraan, Norma – Norma, Masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineksa Cipta.

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartoyo, 2000. Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Suduiman. 2004. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Wardahani, dkk., 2007. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.