UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGANALISIS HASIL ULANGAN HARIAN SISWA (REMEDIAL) MELALUI PEMBINAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 1 PANTE CEUREUMEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Tarmizi Tarmizi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Keterlibatan kepala sekolah, komite sekolah, dan tenaga kependidikan lainya dalam meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menganalisis Hasil Ulangan Harian Siswa (Remedial) yang telah di terapkan oleh kepala sekolah. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah kepala Sekolah. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari sampai dengan Maret 2021 pada triwulan Kedua. Dilaksanakan pada waktu tersebut karena tahun pejaran sudah berlangsung 1 triwulan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali binaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan kompetensi Supervisi akademik terhadap Kepala Sekolah atau melakukan kunjungan, melakukan penilian terhadap persiapan Kepala Sekolah dalam pembinaan dan melakukan penilian terhadap tanggung jawab Kepala Sekolah. Alat pengumpulan data yaitu melalui daftar penilaian supervisi, daftar pembinaan guru dan daftar wawan cara Kepala Sekolah. Observasi data dalam penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan cara memasukkan nilai-nilai yang diperoleh dari penilaian kinerja Kepala Sekolah. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase pemberdayaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menganalisis Hasil Ulangan Harian Siswa (Remedial) dari Membuat Format Analisis mencapai 45 (75%), Menganalisis Butir Soal mencapai 36 (60%) dan Intepretasi Hasil Analisis mencapai 44 (73%) pada siklus I meningkat dalam Membuat Format Analisis mencapai 52 (87%),Menganalisis Butir Soal mencapai 46 (77%) dan Intepretasi Hasil Analisis mencapai 48 (80%) pada siklus II. Peran Pembinaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menganalisis Hasil Ulangan Harian Siswa (Remedial) di SMK Negeri 1 Pante Ceureumen Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Remedial Supervisi Akademik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Subagyo, P. Joko, 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014

MPR RI. 2002. Perubahan Keempat UUD NRI Tahun 1945. Diakses 20 Desember 2013,

Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.