PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

Mohd Ilyas

Sari


Penelitian yang dilakukan terhadap sampel 75 guru SMK Negeri di Kabupaten Bireuen, pada tahun 2018. Dengan tujuan, untuk mengukur pengaruh 1). Faktor Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru, 2) Faktor Budaya Sekolah terhadap kinera guru, 3) Hubungan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei secara kuantitatif dengan instrumen kuesioner, dan alat analisis yang digunakan dengan analisis jalur. Hasil penelitian, secara deskriptif diperoleh informasi bahwa pencapaian kemampuan Kepala Sekolah dalam memotivasi, berkomunikasi dan mengelola administrasi sekolah dalam mendukung kinerja guru sebesar 78,67%. Sedangkan pelaksanaan budaya sekolah sekaligus mendukung kinerja guru mencapai 76%. Dan tingkat kinerja guru, masih kurang optimal, hanya mencapai 78,25%. Dengan analisis jalur, terbukti bahwa 1). Terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, sebesar 19,80%, dan 2) Terdapat pengaruh Budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 14,84%, 3). Dan pengaruh secara simultan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 34,5%.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kinerja Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Dede Rosyada. 2007, Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Gorton, 1991, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I Pengantar, PT. Pustaka Binaman Pressindo

Harun Al-Rasyid. 1993, Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Program Pasca Sarjana Unpad, Bandung.

Janawi. 2011, Kompetensi Guru Citra guru profesional.Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, H.E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rohiat. 2008, Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik, PT. Refika Aditama, Bandung.

Suharyanto dan Tony Susilo, 2014, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Beberapa SMA Negeri Kabupaten Gresik, Jurnal Ilmiah Pro Patria Volume XIV, Nomor 1 Maret 2014.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soetopo. 2010, Perilaku Organisasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Qanun Aceh, Nomor 5 Tahun 2008, Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.