KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK AKHLAK ANAK SEBAGAI WUJUD CINTA KASIH

Zahriyanti Zahriyanti

Sari


Pendidikan keluarga sejatinya merupakan suatu proses interaksi (berkesinambungan) yang diwarnai dengan ajaran agama dengan tujuan untuk memperoleh budi pekerti yang baik dan akhlak yang luhur agar kelak ketika mereka dewasa menjadi insan yang taat menjalankan perintah Agama. Islam memandang keluarga sebagai lingkungan pertama bagi anak dimana ia berinteraksi. Dari interaksi dengan lingkungan pertama itu anak memperoleh unsur-unsur dan ciri-ciri dasar dari pada kepribadiannya, juga dari situ ia memperoleh akhlak, nilai-nilai, kebiasaan-kebiasaan, dan emosinya. Maka untuk mewujudkan itu semua, diperlukanlah konsep yang tepat sebagai bahan pemahaman kita guna diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adpun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu: Library research (penelitian kepustakaan), adalah suatu penelitian yang digunakan untuk membaca dan menelaah buku-buku dan bahan-bahan lainnya yang ada hubungan dengan objek yang diteliti. Sedangkan metode penelitiannya yaitu studi kepustakaan (Study Literature).

 

Kata Kunci: Pendidikan dan Keluarga


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rahman Shaleh, 2005, Pendidiklan Agama Dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abdul Mujib, 2008, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Al. Tridhonanto dan Beranda Agency, 2014, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Gramedia.

Hasbullah, 2006, Dasar-DasarIlmuPendidikan,Jakarta: Raja Grafindo Persada.

NurAhid, 2010, Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur Hakim, 2007, Petunjuk MendidikAnak, Jakarta: PT. Serambi Ilmu.

Sulistyowati Khairu, 2014, Kesalahan Fatal Orang Tua Dalam Mendidik Anak Muslim Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Teladan Rasulullah saw, Jakarta: PT. Serambi Disbutribusi.

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Wiji Suwarno, 2009, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogyakarta: A-Ruzz Media.

Zakiah Daradjat, dkk, 2004, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta :Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.