PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sumanti Sumanti

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran problem based learning berbantuan facebook untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geografi tingkat sekolah menengah atas.yang valid, praktis dan efektif untuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari (1) Penelitian pendahuluan (2) Tahap Prototype (Prototypingfase); 3) Tahap penilaian. Pada tahap perancangan produk untuk meyelidiki validitas dan praktikalitas dilakukan formatif evaluation yang meliputi self evaluation, danone-to-one. Pada tahap penilain dilakukan summatif evaluation untuk validitas produk dilihat dari aspek organisasi, format, materi dan bahasa kepraktisan dilihat dari mudah digunakan, dimengerti waktu yang memadai dan menyenangkan. Sedangkan untuk efektifitas dengan melihat hasil tes belajar siswa dengan menggunakan uji t. Soal dibuat dalam bentuk essay dan dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian Data dikumpulkan melalui diskusi, observasi, wawancara, kuisioner dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskiptif dan Inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk validitas buku Model dan sistem pendukungnya (buku guru dan buku siswa) memenuhi kriteria valid yakni > 3,20 sedangkan nilai icc buku model 0987, icc buku siswa, 0,943 dan icc buku guru 0,965artinya model dan sistem pendukungnya menurut ahli layak digunakan. Hasil kepraktisan diperoleh sangat praktis yakni mudah digunakan, dipahami, sangat membantu proses pembelajaran, penggunaan waktu yang memadai, dan menyenangi. Hasil uji efektifitas diperoleh berkembangnya dengan baik kemampuan pemecahan masalahGeografi di tingkat sekolah menengah atas Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan facebook untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geografi di tingkat sekolah menengah atas valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning E- Learning, Media Facebook, Pemecahan masalah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BSNP. 2010. Standar Isi. (Online). http://bsnp-indonesia.org.id/page_id=103/. (diakses 16 Desember 2011).

Collins. A Havelson. R. 2010, The Second educational revolution Rethingking education in the age Technology. Journal of Computer Assissted Learning, 26 (1) 18-27.

Cress.U & Kimmerle, J 2008, A Systemic and cognitive view on colobarative knowledge buillding with wikis. International. Journal Of Computer Supported Colaborative Learning, 3 (2).105-122

Ellison, N. B, Steinfield,C & Lampe,C 2007. The benefits of facebook “friend”. Social capital and colege students use of online social network sites Journal of computer mediated Communication:12 (4),1143-1168.

Enok Maryani, Peran pendidikan Geografi dalam Mitigasi bencana Secara Kesinambungan. Keynot Speaker Seminar Nasional pendidikan Geografi 2015 Prog Studi Magister S2 Pendidikan Geografi Program Pascasarjana unp Padang

Iru, La & La Ode Safian Arihi. 2012. Analisis Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Joyce,B.,Weil, M., dan Calhoun, E. 2011. Model of Teaching (6th Edition). Sydney: Allyn & Bacon.

Joseph B.W. YEO, Ban Har Yeap 2012. “Characterising The cognitive Processes in Math Ematical Investigation” National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore,[email protected]. Pdf. Diakses 10-11-2012

Kabilan,M.K.Ahmad.N. &Abidin.M.J.Z. 2010. Facebook Online enviroment for Learningion Of English in institusion of Higher Education? The internet and Higher Education 13(4),179-187. http:///dx.doi.org/10.1016/j.heduc.2010.07.003

Koh,J.H.L,Hering,S.C,& Hew,K.F, 2010. Project Based Learning and Student Knowledge construction during asyinchcronous online discussion. The internet and Higher Education,13(4),284-291

Mazer,JP., Murphy, RE. and Simonds, CJ. 2007 I.LL See You On ”Facebook” The Effect of Computer – Mediated Teacher Self-Disclosure on Student Motivation, Afectiv Learning and Clasroom Climate Comunication Ediucation,56(1),1-17

Plomp Tjeerd & Nienke Nieven. 2010. An Introduction to Educational Design Research. Netherland: SLO Publications

R.Ratneswary V. Rasiah Transvormative Higher Educational Teaching And Learning: Using Social Media in a Team-Based Learning Environment. Procedia–Socialand

Behavioral Sciences 123 (2014) 369-379

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiono, 2015, Metode Penelitian dan Pengembanagn Reseach and Development/R&D. Penerbit Alfabeta Bandung

Wina, Zulkanain dan Rahma. 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Terhadap Hasil Belajr Geografi. JPG Jurnal Penelitian Geografi Vol.3 no.7 (2015)

Wowo Sunaryo kuswana, 2014, Taxonomi kognitif perkembangan ragam berfikir. Penerbit PT.Remaja Rosdakarya Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.