PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA SEJAK PROKLAMASI HINGGA LAHIRNYA ORDE BARU MENGGUNAKAN METODE DISKUSI

Muhammad Saleh Aksa

Sari


Metode diskusi bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah yaitu pada materi Perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya orde baru di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Bireuen Kabupaten Bireuen. Sedangkan Mamfaatnya untuk dapat menambah perbendaharaan metode belajar secara praktis dan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Bireuen. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian Tindakan Kelas ini merupakan hasil kegiatan belajar siswa kelas XII IPS 1, hasil tes tertulis dan observasi oleh observasi oleh teman sejawat dan dokumentasi siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini diperoleh pada siklus pertama 22 orang ( 61,11%) siswa telah mencapai nilai ketuntasan, sedangkan jumlah siswa belum mencapai ketuntasan 14 orang (39,89%) dengan nilai rata-rata 69,58. Kemudian pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa dicapai sebanyak 31 orang( 86,11%), sedangkan 5 orang (13,89%) siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 74,64.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah dan Metode Diskusi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Lie. 2003. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

Aqib, Jainal, 2007, Penelitian Tindakan Kelas: Bandung Yrama Widya.

Arikunto, Suharsini, 2004, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta. Depdiknas

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB

Fuad Bin Abdul Aziz Al-Syalhub, 2004 Panduan Praktis Bagi Para Pendidik Quantum Teaching, Jakarta Timur, Zikrul

Iskandar A.M 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik, 2002. Belajar dan Teori Belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugianto, 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Panitia Sertifikasi.

Sugihartono. Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Wardhani, Igak, Wihardit, Kuswaya, 2010, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.