SISTEM KEAMANAN DAN KENYAMANAN KENDARAAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

T M Johan

Sari


Dunia telah memasuki era industri 4.0. Internet of Things sebagai pendukung utama dan komponen teknologi selain cloud computing dan big data. Implementasi IoT tidak hanya dalam manufaktur saja, melainkan termasuk juga peralatan kehidupan sehari-hari dalam hal ini bidang transportasi. Penelitian tugas akhir mengenai Sistem pemosisian global (Global Positioning System) menggunakan teknologi IoT yang dapat mengirim dan menerima data teks maupun multimedia sehingga sistem keamanan kendaraan dengan memanfaatkan GPS dan Kamera pemantauan dapat secara real-time di gunakan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan komputer papan tunggal (Raspberry Pi) sebagai perangkat pengolah dan pengirim data, kemudian data tersebut di simpan dan ditransfer ke pengguna melalui sebuah cloud server. Pada sisi pengguna terdapat interface berbasis web dan aplikasi android web- view untuk melihat peta lokasi kendaraan terkini, jalur yang telah dilalui serta pemutar video dari kamera pemantau. Penampilan peta lokasi memanfaatkan big data Open Street Map maupun Google Map API. Tujuan akhir yang diharapkan dapat menjadi solusi keamanan kendaraan bergerak baik kendaraan pribadi, umum dan armada perusahaan.

Kata kunci: Industri 4.0, Internet of Things, Raspberry Pi, Sistem Pemosisi Global, Cloud Server, Big Data.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadir Abdul, 2017. Panduan Praktis Mempelajari Dasar Raspberry pi. Yogyakarta: Andi

Pratama, Andre. 2016. PHP Uncover. Padang: Duniailkom.

Ansthon, Kevin. That 'Internet of Things' Thing. https://www.rfidjournal.com/articles/v iew?4986. Diakses 1 Okotober 2018.

Rastim. 2018. Aplikasi Internet of Things Untuk Pengendali dan Pemantau Kendaraan. Bandung: Fakultas Informatika Universitas Telkom.

Adriansyah, Andi. 2011 Rancangbangun Dan Analisa Cctv Online Berbasis Raspberry Pi. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.

Febrio, Ragil. 2011. Perancangan Aplikasi Pemantau Dan Pengendali Piranti Elektronik Pada Ruangan Berbasis Web. Semarang : Jurusan Teknik Elektro, Universitas Dipenogoro.

Kontributor Wikipedia. Python (Bahasa Pemograman). https://id.wikipedia.org/wiki/Python_( bahasa_pemrograman). Diakses 1 Oktober 2018.

Kontributor Wikipedia. Sistem Pemosisi Global. https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_P emosisi_Global. Diakses 1 Oktober 2018.

Kontributor Wikipedia. Internet untuk Segala. https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_ untuk_Segala Diakses 1 Oktober 2018.

Kontributor Wikipedia. Raspberry Pi. https://id.wikipedia.org/wiki/Raspberr y_Pi. Diakses 1 Okotober 2018.

Kontributor Wikipedia.MySQL. https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL. Diakses 1 Oktober 2018.

Kontributor Wikipedia. NMEA18. https://en.wikipedia.org/wiki/NMEA_0 183. Diakses 1 Okotober 2018.

Kontributor Wikipedia. Android (sistem operasi). https://id.wikipedia.org/wiki/Android_ (sistem_operasi).Diakses 1 Okotober 2018.

Tim Google Android. WebView. https://developer.android.com/referen ce/android/webkit/WebView. Diakses 1 Okotober 2018.

Kontributor Wikipedia. Televisi Sirkuit Tertutup. https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_ sirkuit_tertutup. Diakses 1 Okotober 2018.

Purbo, Onno Widodo.2000. Buku Pintar Internet: Apache Web Server. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kristianto, Harianto. Konsep & Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Publisher

Purbo, Onno Widodo.2000. Membuat Sendiri Cloud Computing Server Menggunakan Open Source. Jakarta: Andi Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.