PRINSIP DAN PROSES SUMBER DAYA MANUSIA SERTA IKLIM KERJA DALAM ORGANISASI PELAKSANA PENDIDIKAN

Edy Putra Kelana

Sari


Prinsip-prinsi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Organisasi yang meliputi organisasi dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi, prinsip-prinsip SDM dalam tulisan ini juga akan membahas tentang Kinerja individu kaitannya dengan kepemimpinan dalam sebuah organisasi. Dalam membangun sebuah organisasi yang kuat tidak terlepas dari Proses Sumber Daya Manusia dalam Organisasi seperti proses rektruitment, seleksi, Induksi, pengembangan dan pelatihan Job Deskripsi sekolah sebagai Institusi pelaksana dan Job deskripsi Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran. Tulisan ini juga akan membahas tentang Iklim Kerja Organisasi, perilaku organisasi, pengaruh organisasi dan administrasinya, imbalan (intensif) dan bagaimana atasan memperlakukan bawahan dalam hal pembinaan dan pengawasan. Tulisan ini dikaitkan dengan organisasi sekolah sebagai pelaksana pendidikan maupun organisasi Dinas Pendidikan dan Pengajara Kabupaten sebagai pengelola pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan kaitannya dengan desentralisasi Pendidikan (dari tekstual menuju kontekstual).

Kata Kunci: Proses Sumber Daya Manusia Serta Iklim Kerja Dalam Organisasi Pelaksana Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, 2003.

Ancok, Djamaluddin, Manajemen Sumber daya manusia (MAP 532). UGM Press, 2001.

Aria Jalil, "Pendidikan Setelah Era Orde Baru" dalam Paulia. Pannen, dkk, (penyt.), I Cakrawala Pendidikan, cet. I, (Jakarta: Universitas Terbuka, 1999)

Bryson, John M, (Penerjemah M. Miftahudin), Perencanaan Strategi Organisasi Sosial, Pustaka Pelajar, 1999

Hadari Nawawi, Perencanaan Strategik Untuk Peningkatan Kinerja Sektor Publik, Cetakan I, PT Gramedia Pustaka Utama 2004.

Mitchell, B. Bruce. Setiawan dan Rahmi, Dwita Hadi, Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan, Cetakan Pertama. Pustaka Pelajar 2000, Yogyakarta.

Richardus Eko Indrajit, Richardus Djokopranoto, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Andi Offset Yogyakarta 2006.

Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia, SKPN, 1995, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.