PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR CAMAT LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA

Zakaria Yahya

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagai mana pengaruh karakteristik individu dan karaktreristik pekerjaan terhadapap kinerja pegawai pada kantor camat Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 49 responden yang merupakan pegawaai negeri pada kantor camat Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Untuk menguji hipotensis, penulius menggunakan alat uji statistik dan metode analisis legrasi linear berganda yang diproses dengan bantuan program SPSS (Statistik Package For Sosial Science). Variabel yang diteliti adalah karakteristik individu (X1), karakteristik pekerjaan (X2) dan variabel dependennya adalah kinerja pegawai (Y). Dari hasil penelitian menunjukan persamaan akhir sebagai berikut Y = 6,413+ 0,330X1+ 0,418X2 +e. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji t, variabel karakteristik individu ( X1), variabel karakteristik pekerjaan (X2) hasil bahwa variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor camat Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Dan variabel karakteristik pekerjaan (X2) memiliki pengaruh positif dan pengaruh paling dominal terhadap kinerja pegawai dengan memiliki nilai koefisien tersebut yaitu Koefisiennya sebesar 0,418 satuan (41,8%) cdengan signifikan 0,011. Diharapkan untuk meningkat kinerja pegawai terhadap pekerjaan dan tugas perlu memperlihatkan pembagaian kerja yang sesuan dengan kemampuan pegawai. Selain itu juga dapat di lakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada pegawai yang mengikuti pendidikan dan ketrampilan khusus serta dilakukan oleh dengna memberikan reward.

Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Panudju, 2013, Gaya Kepemimpinan Yang Efektif Bagi Manajemen, Sinar Baru, Bandung.

As’ad Moh 2005, Psikologi Industri, Edisi Ketiga Catatan Pertama, Liberty, Yogyakarta

A.W.Widjaja, 2006, Administrasi Kepegawaian. Rajali, Jakarta,

Bernadian, H,Jhon dan JoiceEA Russell, 2003, Human Resource, Manajemen Internation Edition, Singapure: McGraw Hill, Inc.

Gunawan, Ade. 2004, Memanege Ferformance Karyawan Melalui Pembelian Kopentansi, Sumatra Utara.

Hasibuah, Melayu, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit PT, Bumi Aksara, Jakarta.

Irawan, 2008, Revormasi Biro Krasi Sebagai Sayarat Penegakan dan Pemberantasan,http://www,Irawan68,Wordpress,com/2008/04/06/Kinerja.

Mangkunegar, Anwar Prabu, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosnakarya, Bandung

Mar’at, 2005, Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya, Cacatan Kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mink, 2003, Rerearch Methods For; Metologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi IV, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi, 2003, Sistem Akutansi, Edisi Ketiga, BPFE YKPN, Yogyakarta.

Musanef, 2004, Manajemen Kepegawaian di indonesia, Gunung Agung, Jakarta.

Ni Made Gunasti, 2009, Organisasi Prilaku Struktur Proses, Bina Rupa, Aksara, Jakarta.

Nitisemito Alex S, 2002, Manajemen Personaliai (Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Ghalia, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.