STRATEGI LEMBAGA PUSAT PENGEMBANGAN STUDI ISLAM (LP2SI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR'AN TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS ALMUSLIM

Muhammad Rizal, Muhammad Iqbal

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Strategi LP2SI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alqur’an Terhadap Mahasiswa Universitas Almuslim. Kemampuan membaca al-Qur'an adalah hal yang diwajibkan oleh syari’at Islam, namun selama ini kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur'an sudah jarang diperdapatkan baik di kota maupun di desa, hal ini diakibatkan oleh seseorang yang sejak kecil masa kanak-kanak malas dalam belajar membaca al-Qur'an. Sehingga yang ada hanyalah kemampuan seseorang membaca al-Qur'an tanpa dilatar belakangi oleh ilmu tajwid. Kemampuan membaca al-Qur'an merupakan salah satu indikator kelulusan mahasiswa Universitas Almuslim. Hal ini tidak terlepas dari penelitian yang telah penulis lakukan di Universitas Almuslim, bahwa sebelum mahasiswa mengikuti sidang ujian konprenshif, mereka wajib mengikuti ujian baca Alqur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini penulis menggunakan metode field research yang bersifat kualitatif. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Dosen Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam, Kaprodi dan Mahasiswa. Temuan hasil penelitian yang telah penulis peroleh dari penelitian ini adalah pihak LP2SI Umuslim menekan angka kesulitan bagi mahasiswa dalam membaca al-Qur'an dengan melaksanakan pendampingan mata kuliah agama yang berisikan materi baca Alqur’an, LP2SI mewajibkan mahasiswa calon lulusan untuk mengikuti uji kemampuan baca Alqur’an. Berkejasama dengan lembaga pesantren dan balai pengajian di seputaran kampus dalam memperkaya khazanah baca Alqur’an.

Kata Kunci: Strategi, Kamampuan, Baca Al-Qur'an.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tafsir. 2007. Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amiruddin, Hasbi, 2007. Pendidikan dan Syari’at Islam di Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta Selatan: Galura Pase.

Fauzi Saleh, 2007. Kedudukan Ulama dan Umara Dalam Kehidupan Masyarakat Aceh, Banda Aceh; Ar-Raniry Press.

Fuad Ihsan. 2009. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Haidar Putra Daulay, 2007. Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, cet. 3.

Ismail Yakob, 2008. Kajian Tinggi Keislaman, Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi NAD.

Jamaluddin Waly, 2006. Eksistensi Dayah Shalafiyah di Aceh, paper pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran di Dayah Shalafiyah, Banda aceh 2 Desember.

Muhammad Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta; Pustaka Amani, t.t

Pengurus Besar Persatuan Dayah Inshafuddin, 2010. Apresiasi Dayah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Aceh, Banda Aceh; t.p.

Redja Mudyahardjo, 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Suwarno. Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Haidar Putra Daulay, 2007. Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, cet. 3.

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama

Qanun No 23 tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan di NAD

Syamsi Hasan, Hadits-hadits Populer, Surabaya: Amelia, t.t.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.