PREDIKSI PERMINTAAN PUPUK UREA MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE STUDI KASUS PADA PT PUPUK ISKANDAR MUDA

Chairoen Niesa

Sari


ABSTRAK

Prediksi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam suatu manajemen dan administrasi perusahaan maupun instansi terutama yang bergerak di bidang produksi baik barang maupun jasa. Misalnya, suatu perusahaan harus menentukan berapa banyak produk yang harus diproduksi untuk minggu depan, bulan depan maupun tahun depan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan meminimalkan pengeluaran yang ada. Dengan peramalan, maka produsen dapat meminimalkan kesalahan kapasitas produksi, sehingga produsen dapat menganggarkan pengeluaran dengan tepat. Jika produsen tidak dapat meramalkan permintaan pupuk dengan cermat, maka ada duakemungkinan yang terjadi, yaitu kelebihan produksi atau kekurangan produksi yang akanmengakibatkan kerugian. Dengan melihat permasalahan tersebut, maka PT Pupuk Iskandar Muda atau dengan nama lain PT PIM yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak dibidang industri pupuk urea dan industri kimia lainnya perlu malakukan langkah peramalan permintaan pupuk tersebut sebagai dasar untuk melakukankegiatan produksi dalam rangka pemenuhan tingkat permintaan terhadap produk pupuk tersebut.

Kata kunci: Metode Moving Average, Peramalan, Pupuk Urea, PT Pupuk Iskandar Muda.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Kristanto, Andri. 2012, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Klaten: Gava Media.

Madcoms, Litbang. 2011, AplikasiWeb Database dengan Dreamweaver dan php-MySQL. Yogyakarta: Andi.

Sidik, Betha. 2012, Pemrograman dengan PHP edisi revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Subagyo, Pangestu. 2012, Forecasting Konsep dan Aplikasi, BPFE, Jakarta.

Tatang M. Amirin, 2012. Pokok-Pokok Teori Sistem. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Marcelina Rizka Falevy. 2014. Sistem Peramalan Harga Sembako Berbasis Moving Average Dengan Brew Platform Sebagai Mobile Interfaces.

Riskha Dwi Anggraeni. 2008. Pemodelan dan Simulasi Perencanaan Permintaan dan Pasokan Menggunakan Metode Sistem Dinamik Untuk Mengatasi Kelangkaan Pupuk Wilayah Jawa Timur (Studi Kasus: PT. XYZ).

Sarah. 2014. Sistem Peramalan Harga Bahan Pokok Menggunakan Metode Moving Average pada DISPERINDAGKOP Kota Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.