MODEL PERAMALAN TINGKAT JUMLAH PENYAKIT BAYI MENULAR DENGAN MENGGUNAKAN DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING

Mauliza Mauliza, T Iqbal Faridiansyah

Sari


ABSTRAK

Sistem informasi sangat cepat perkembangnya pada bidang ilmu kesehatan dan teknologi tersebut sangat membantu dalam kinerja dinas kesehatan dan rumah sakit dalam melihat tingkat rawan penyakit menular pada anak kecil disetiap daerah. Sehingga dengan adanya teknologi tersebut dapat meminimalisir jumlah resiko yang terjadi bayi anak-anak usia kecil yang sangat rentan terinfeksi penyakit, terutama penyakit menular. Permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah terbatasnya informasi mengenai daerah untuk jumlah penyakit menular, khususnya yang menyerang balita yang menjadi masalah, sehingga sangat sulit dalam memprediksi jumlah penyakit anak pada setiap wilayah. Selanjutnya pihak dinas dan rumah sakit sangat sulit dalam melihat daerah yang banyak terkena penyakit menular. Dengan adanya model peramalan pihak dinas pada tahun berikutnya dapat bertindak dengan cepat dan menyarankan untuk melakukan tindakan agar tua lebih berhati-hati dalam menjaga bayi yang masih kecil dan rentan terkena penyakit pada suatu daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan pihak dinas dalam memonitor jumlah penyakit menular dan hasil yang digunakan dapat lebih terukur dengan adanya model forecasting yaitu double exponential smoothing. Metode penelitian ini meliputi dari mengumpulkan data penyakit menular pada balita, data jumlah gejala, jumlah data solusi dan data pencegahan penyakit menular pada balita dan Mengumpulkan data jumlah pasien bayi penyakit menular pada tahun-tahun sebelumnya untuk kemudian dapat diramalkan. Untuk setiap data peramalan yang dilihat dari daerah masing-masing penyakit menular pada anak yaitu data penyakit roseola infatum, sindrom pipi merah, impetigo, cacar air, batuk rejan, demam, radang tenggorokan, diare, infeksi, HFMD, influenza dan meningistis. Untuk perhitungan Perhitungan model double exponenential smoothing dalam periode januari 2016, 2017 dan 2018  yang akan di ramalkan 2019 dan data actual adalah data aktual (Xt) untuk Nilai eror 0.9, Periode 1, 2, 3, 4. Untuk nilai S't , 45, s''t, 45 at, 45, bt 0. Periode 2, S't , 36, nilai s''t, 36.9, nilai at, 35.1, nilai bt, -8.1. Periode 3, nilai S't , 21.5, nilai s''t, nilai 23.04, nilai at, 19.96, nilai bt, -13.86. terakhir periode 4, nilai S't , nilai 24.5, nilai s''t, 24.354, nilai at, 24.646, dan nilai bt, 1.314. Untuk data hasil double exponential smoothing untuk prediksi Selanjutnya 48.09 dan nilai eror MAPE 15.90%. Hasil penelitian ini memudahkan pihak rumah sakit dalam menganalisa jumlah pasien yang termasuk kedalam range pasien jumlah penyakit menular dan adanya jumlah peramalan secara keseluruhan pada bayi dalam penyakit menular dan adanya grafik dari tiap penyakit menular pada tiap daerah.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Penyakit Menular, Peramalan, Double Exponential Smoothing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Perdana, Level, dkk. 2013. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ginjal Dengan Metode Forward Chaining. ISSN: 2338-4018. Jurnal TIKomSiN Vol. 1, No. 2 (2013). (p3m.sinus.ac.id/jurnal/index.php/ TIKomSiN/ article/download/124/11.

Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: Andi Offset.

N. Ganesan, K. Venkatesh, and M. A. Rama, 2010, Application of Neural Networks in Diagnosing Cancer Disease Using Demographic Data‖, International Journal of Computer Applications (0975 - 8887).

Rosnani Ginting, 2010. Perancangan Produk. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Adam, E.E. & Ebert, R.J., 1982. Production and Operation Management: Concepts, Models and Behaviors 2nd edition. Mishawaka: Prentice Hall Inc.

Perdana, Level, dkk. 2013. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ginjal Dengan Metode Forward Chaining. ISSN: 2338-4018. Jurnal TIKomSiN Vol. 1, No. 2 (2013). (p3m.sinus.ac.id/jurnal/index.php/ TIKomSiN/ article/download/124/11

Rahmadayanti Riza, Perbandingan Keakuratan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dan Exponential Smoothing Pada Peramalan Penjualan Semen Di PT. Sinar Abadi. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/download/316/276.

Prasetia Retna, 2008. Teori dan Praktek Interfacing Port Paralel Dan Port Serial Komputer Dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta, Andi.

Heizer,J. Render,B. Operation Management , 7th edition Manajemen Operasi edisi 7, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta, 2005.

Makridakis, S. dan Wheelwright, S.C. Metode dan Aplikasi Peramalan. Edisi Ke-2. Terjemahan Hari Suminto. Jakarta: Binarupa Aksara, 1999.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.