SKRINNING AWAL GANGGUAN PENDENGARAN PADA PETUGAS BENGKEL LAS DI KOTA LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI PENALA

Harvina Sawitri, Anna Millizia

Sari


ABSTRAK

Gangguan pendengaran akibat bising (noise induced hearing loss / NHL) ialah gangguan pendengaran yang disebabkan akibat terpajan oleh bising yang cukup keras dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya diakibatkan oleh bising lingkungan kerja. Bising yang memiliki intensitas 85 desibel (dB) atau lebih sehingga dapat menyebabkan kerusakan reseptor Corti pada telinga dalam. Bengkel Las adalaha salah satu tempat terpajannya bising saat bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui skrinning awal gangguan pendengaran pada pekerja bengkel las di kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode uji penala tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan desain cross sectional, dimana variabel terukurnya diamati pada satu waktu. Sampel penelitian ini adalah seluruh pekerja di  bengkel las dan memenuhi kriteria inklusi dan kriteria ekslusi. Kriteria inklusi adalah pekerja bengkel las yang pekerja yang berumur 15-64 tahun dan tidak pernah bekerja ditempat lain yang terpapar bising sebanyak 65 sampel. Hasil penelitian menunjukkan responden yang mengalami gangguan pendengaran sebanyak 22 orang (33,8%), pada usia Dewasa Akhir (36-45 Tahun) paling banyak terjadi gangguan pendengaran (50%) dan responden yang bekerja lebih dari 5 tahun paling banyak menderita gangguan pendengaran (88%).

Kata Kunci: skrining-gangguan-pendengaran, bengkel-las, uji-penala


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi. 2013. Upaya Kesehatan Kerja Sektor Informal di Indonesia. Jakarta: Depkes RI.

Amira, 2012. Analisis Faktor risiko yang berhubungan dengan penurunan pendengaran pada pekerja di PT.Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Tahun 2012, Skripsi Universitas Indonesia, Depok.

Buchari, 2007. Kebisingan industri dan hearing conservation program [homepage on the Internet]. Available from: www.libraryusu.ac.id.

Christopher AP. Noise Induced Hearing Loss (NIHL) (disertasi). Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2009; 1-17

Gabriel JF. 1996. Fisika Kedokteran. Jakarta.

Guerra, M. R., Lourenço, P. M., Bustamante-Teixeira, M. T., & Alves, M. J., 2005. Prevalence of noise-induced hearing loss in metallurgical company. Rev Saude Publica, vol.39, no.2, 1 – 7

Hidayah NY, Dlenlyah L, Wulandhari R. 2008. Analisis Pengaruh Faktor Kebisingan Dan Tingkat Kesulitan Kerja Terhadap Produktivitas Line Assembling PT. X. Jurusan Teknik Industri Fakutas Teknik Universitas pancasila.

Ibrahim, Hasbi., Syahrul, Basri.,Hamzah, Zainal. Faktor-faktor yang berhubungan dengankeluhan gangguan pendengaran pada tenaga kerja bagian produksi PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Unit Makassar Tahun 2014. Al-Shihah : Public Science Health Journal. Volume 8, Nomor 2, Juli-Desember 2016

Jacky Munilson, dkk. 2011. Gangguan Pendengaran Akibat Bising: Tinjauan Beberapa Kasus. Jurnal Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.No.PER.13/MEN/2011 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika dan Faktor Kimia di Tempat Kerja. Jakarta

Koagouw, Ivana A.,Supit, Wenny.,Rumampuk, Jimmy F. Pengaruh kebisingan mesin las disel listrik terhadap fungsi pendengaran pada pekerja bengkel las di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal e-Biomedik (eBM), Volume 1, Nomor 1, Maret 2013, hlm. 379-386.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. Ergonomi dan K3. Bandung: PT Remaja Rodskarya

Lintong, Fransiska, 2009. Gangguan pendengaran akibat bising. Jurnal Biomedik, Volume 1, Nomor 2, Juli 2009.

Marisdayana, Rara., Suharto., Nurjazuli. Hubungan intensitas paparan bising dan masa kerja dengan gangguan pendengaran pada karyawan PT. X. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. 15 (1), 2016, 22 – 27.

Novianto, F. 2010. Analisis Kecelakaan dan Kesehatan Kerja dan Upaya Pencegahannya di Bagian Flooring dengan Pendekatan Risk Assesment PT. Dharma Satya Nusantara Surabaya. Skripsi. Program Sarjana Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.Jawa Timur.

Putri, Winda Wahyuni., Martiana. Tri. Hubungan usia dan masa kerja dengan nilai ambang dengar pekerja yang terpapar bising di PT. X Sidoarjo. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Vol. 5, No. 2 Juli-Des 2016: 173–182.

Rambe AYM. Gangguan Pendengaran Akibat Bising. Bagian Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. 2003; 1-6

Susilawati NK. Sudana W, Setiawan EP. Pengaruh Bising Lalu Lintas Terhadap Penurunan Fungsi Pendengaran Pada Juru Parkir Di Kota Denpasar (Laporan Penelitian). Departemen Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorok Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Rumah Sakit Sanglah Denpasar Bali–Indonesia. 2011;2

Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja; Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Pres.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.