SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA GURU NON PNS DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BIREUEN

Iqbal Iqbal

Sari


ABSTRAK

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen dalam mengelola data guru non PNS masih terdapat beberapa permasalahan, permasalahan yang sering terjadi dikarenakan dalam pengolahan data masih dilakukan secara manual. Selama ini, proses pendataan guru non PNS pada tiap-tiap sekolah di kabupaten Bireuen dilakukan oleh petugas administrasi kantor dengan meminta data guru non PNS pada tiap-tiap sekolah, selanjutnya data tersebut dimasukkan ke komputer melalui paket aplikasi Microsoft Excel, hal ini dimungkinkan terjadinya penyimpangan data dalam pengolahan data guru non PNS seperti redudansi dan inkosisten data sehingga dapat menimbulkan  kesalahan  pada  proses pengelolaan data guru, pendataan jumlah guru honorer, pelatihan guru, perhitungan honor guru dan banyak hal lainnya, apabila permasalahan tersebut tidak tertangani dengan baik, maka konsistensi data sangat sulit untuk diperbaiki, oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk menyelesaian permasalahan tersebut, hal ini bertujuan Untuk meningkatkan mutu dan kualitas sekolah di Kabupaten Bireuen yang nantinya mampu memberikan persaingan dalam dunia kerja maka dibutuhkan dukungan tenaga pengajar yang unggul dan profesional dalam pengelolaan data

Kata kunci: Sistem Informasi, guru non pns, sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTKA

Hidayat. R., 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis: Memanfaatkan Layanan Domain Dan HostingGratis, Media Komputindo, Jakarta.

Hadikristanto. W., 2017. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Guru Pada SMK Negeri 1 Cikarang Selatan. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa (SIGMA). Volume 7 no 2 september 2017. ISSN :2407 3903.

Imtihan. K, Hadawiyah. R dan Asyari. H. 2017. Sistem Informasi Penggajian Guru Honorer Menggunakan Konsep Agile Software Development dengan Metodologi Extreme Programming (XP) pada SMK Bangun Bangsa. Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 7 No 2.

Mulyandi. M. R., Monica, Mawarni. E., Arfiah dan Liya Jayanti., L2013. Aplikasi Sistem Informasi Laporan Penggajian Guru Honor Berbasis Web Pada SMA Negeri 6 Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013. ISSN: 2302-3805

Muhammad. T., 2010. Panduan Praktisi Membuat Apliukasi Penggajian Dengan Excel 2007, Media kita, Jakarta.

Pressman Roger. S, 2012. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi, Yogyakarta: Andi.

Prasojo Lantip Diat dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Yakub, 2012. PengantarSistemInformasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.