PENGARUH KETERSEDIAAN VITAMIN A TERHADAP KONSUMSI VITAMIN A PADA IBU NIFAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUALA KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH TAHUN 2018

Zaitun Hilwa, Zuraidah Nasution, Anto Anto

Sari


 ABSTRAK

Vitamin A sangat di butuhkan oleh Ibu nifas, Oleh karena itu ibu nifas membutuhkan nutrisi yang cukup, bergizi seimbang, terutama kebutuhan protein dan karbohidrat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketersediaan Vitamin A terhadap konsumsi Vitamin A Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kuala Kabupaten Bireuen Provinsi Acehn Tahun 2018. Jenis penelitian yang di gunakan survey analitik dengan studi potong lintang (cross sectional study) dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 93 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan vitamin A berhubungan dengan konsumsi vitamin A dengan nilai P = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian maka disaran kepada ibu nifas untuk dapat memahami apa-apa saja yang harus diketahui pada masa nifas sehingga dapat memberikan kenyamanan pada masa nifas.

Kata Kunci: Vitamin A, Konsumsi, Ibu Nifas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ariani AP. 2017. Ilmu Gizi Dilengkapi Dengan Standar Penelitian Status Gizi. Dan Daftar Komposisi Bahan Makanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Chahyanto BA, Roosita K. Kaitan Asupan Vitamin A Dengan Produksi Air Susu Ibu (ASI) Pada Ibu Nifas. Jurnal Gizi dan Pangan. 2014;8(2):83–8.

Durianti E, Sari USC, Dianna D. Pengetahuan Vitamin A Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Tiong Keranjik Kabupaten Melawi. Jurnal Vokasi Kesehatan. 2015;1(6):169–75.

Heryani R. 2012. Asuhan Kebidanan Ibu Nifas dan Menyusui. Jakarta Trans Info Media.

Juwita S. Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Pemberian Vitamin A Selama Masa Nifas Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau. Jurnal Kesehatan Husada Gemilang. 2018;1(1):54–7.

Marbun U. Peran Bidan Dalam Mendukung Capaian Pemberian Vitamin A Pada Ibu Nifas Di Puskesmas Segeri Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmu Kesehatan Diagnosis. 2018;12(4):400–4.

Naibaho E, Naibaho E. 2011. Gambaran Pemberian Kapsul Vitamin A Untuk Ibu Nifas Oleh Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Poriaha Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Diponegoro University.

Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula. Jakarta: Mitra Cendekia; 2013.

Suririnah. 2014. Merawat Bayi 0-12 bulan. Jakarta: Graha Pustaka; 2014.

Wawan A, Dewi M. 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta Nuha Medika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.