EFEK KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN TERHADAP KONDISI PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA UTARA

Putri Sari M.J Silaban

Sari


Studi ini menganalisis pengaruh kemiskinan dan pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang menggunakan data tahun 2011-2017 dengan menggunakan Analisis Regeresi Linier Berganda. Pertumbuhan ekonomi mengalami perubahan yang positif dari tahun sebelumnya, namun pada 5 tahun terakhir kondisi pertumbuhan ekonomi mengalami fluktuasi, bahkan kondisi kemiskinan juga masih dalam kategori yang tingg. Studi ini menemukan bahwa kemiskinan memiliki pengaruh yang negatif terhadap pertumbuhan ekonomi, dari hasil tersebut jika pemerintah ingin memperbaiki pertumbuhan ekonomi, maka pemerintah harus menekan tingkat kemiskinan. Uji determinan diperoleh sebesar 20,7 % dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel tingkat kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 20,7 %, sedangkan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Lincolin. 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi. Daerah. BPFE. Yogyakarta.

Boediono. 1992. Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE

BPS, Propinsi Sumatera Utara 2017, Sumatera Utara Dalam Angka Tahun 2016, BPS berbagai edisi dan tahun, Medan.

Cysne, R. P. & Turchick, D., 2012. Equilibrium unemployment-inequality correlation. Journal of Macroeconomics, Volume 34, p. 454–469.

Djojohadikusumo, Sumitro, 1995, Perkembangan Pemikiran Ekonomi Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembanguna, Jakarta: LP3ES.

Kartasasmita, Ginanjar, 1996. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan, PT. Pustaka CIDESINDO

Kuncoro, 2006. Ekonomika Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan, UPP Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mankiw, N. Gregory, 2007. Teori Makroekonomi. Terjemahan Imam Nurmawan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Sukirno Sadono, 1981, Makroekonomi Modern, Penerbit Raja GrafindoPersada, Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan: Proses, masalah, dan dasar Kebijakan (edisi ke kedua). Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Todaro, Michael P, 2000, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Ketujuh, Terjemahan Haris Munandar, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Todaro, Michael P, 2002, Pembangunan Ekonomi di DuniaKetiga, EdisiKedua, Terjemahan Haris Munandar, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Todaro, Michael.P dan Smith, Stephen C. 2006. Pembangunan Ekonomi, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.