MODEL DAN STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Sari
ABSTRAK
Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Manajemen juga dapat diartikan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan sumber daya manusia guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dapat didefinisikan melalui banyak cara. Mary Parker Follet, salah satu tokoh ilmu manajemen, sebagaimana dikutip oleh Mahmud M. Hanafi mendefinisikan manajemen sebagai seni mencapai sesuatu melalui orang lain. Dengan definisi tersebut, manajemen tidak menghendaki seseorang untuk bekerja sendiri, tetapi bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi lain menyebutkan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Kata Kunci: Model, Strategi Implementasi ManajemenTeks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Benyamin Molan, 2002. Glosarium Prentice Untuk Manajemen Dan Pemasaran, Jakarta:. Prenhallindo
Mulyasa, 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana, 2002. TQM Total Quality Management Edisi Revisi, Yogyakarta: ANDI.
Ike Kusdiyah Rachmawati, 2004. Manajemen, Konsep Dasar dan Pengantar Teori Malang: UNMUH.
Ma'arif, 2004. Samsul, Upaya Peningkatan Kualitas Manajerial Lembaga Pendidikan Islam Melalui TQM, Nizamia, VII, 1.
Mahmud M. Hanafi, 2005. Manajemen Yogjakarta: UUP AMP YKPN.
Nanang Fatah, 2004. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.
Nur Chasanah, Management by Objectives (MBO) dalam Pengembangan Organisasi Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya, Skripsi (Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel, 2005).
Nurkolis, 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono, 2008. Manajemen Pendidikan, Semarang: PPs Walisongo.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.