PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTA SOLOK

Ripho Delzy Perkasa

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk:1)Mengetahui dan Menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok, 2) Mengetahui dan Menganalisis eberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok, 3)Mengetahui dan Menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 181 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 125 orang setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik solvin, dan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan nomor absen siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa motivasi belajar mempunyai sebesar 9,767, sedangkan  sebesar 1,979, hal ini berarti    maka  ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok, 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa efikasi diri mempunyai sebesar 3,741, sedangkan  sebesar 1,979, hal ini berarti    maka  ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok, 3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan secara simultan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji F, diketahui bahwa efikasi diri mempunyai sebesar 146,987, sedangkan  sebesar 3,07, hal ini berarti    maka  ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Solok, dengan taraf signifikan  = 5%. Berdasarkan hasil temuan penulis menyarankan kepadasiswa, orang tua dan guru agar dapat meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri agar dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri dan Hasil Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatimah. S. 2005. Kontribusi Self dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Pada Siswa Kelas 1 SMPN 45 Cengkareng Jakarta Barat). Jurnal. Diakses pada hari Kamis, 04 Januari 2016 jam 11.00 WIB.

Ghufron, M.Nur, dan Rini Risnawita S. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, Dede Rahmat. 2015. Teori dan Aplikasi Psikologi dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Istarani & Pulungan, Intan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan serta Kemandiriaan Guru dan Kepala sokolah

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Siregar, Syofian (Ed). 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapai dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Indonesia.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hásil BelajarMengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.