PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P 2017/2018

Pebri Hastuti, Arwansyah ., Wira Agustianta Sitepu

Sari


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan gaya belajar siswa di kelas XI SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta An-Nizam Medan yang beralamat di Jl. Tuba II/ Perjuangan No. 62 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 orang siswa dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 48 orang siswa. Dari hasil uji coba angket, diperoleh angket yang valid dan reliabel unutk kompetensi guru sebanyak 20 item dari total 25 item, dan untuk angket gaya belajar siswa item yang valid sebanyak 21 item dari total 25 item soal. Kemudian data yang terkumpul dari angket penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji F (simultan) Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 12,045 + 0,441X1 + 0,413X2. Hasil uji t (parsial) diperoleh thitung untuk variabel komptensi guru adalah 2,611, dan nilai ttabel = 1,679. Maka thitung > ttabel (2,611 > 1,679). Dari nilai diatas berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Sedangkan untuk variabel gaya belajar nilai thitung = 3,086 dan ttabel = 1,679. Maka thitung > ttabel (3,086 > 1,679). Dari nilai tersebut berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel gaya belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Kemudian hasil perhitungan uji F (simultan) diperoleh Fhitung = 19,195 dan Ftabel = 3,20. Maka Fhitung > Ftabel (19,195 > 3,20) yang artinya secara bersama-sama variabel kompetensi guru dan gaya belajar siswa berpengaruh posistif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018.

Kata-kata Kunci: Kompetensi Guru, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar Ekonomi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azzahra, Fatimah A. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Al-Kaustar Blimbing Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Mulana Malikibrahim

DePorter & Hernacki. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Hamalik. 2014. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hapsari dan Prasetio. 2017. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang”. e-Proceeding of Management, Vol 4, No. 1:269-274.

Hastuti, Pebri. 2018. “Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Medan Area-1”. Jurnal Lentera. Vol 2 No. 1.

Inayah dkk. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah T.P 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, Vol. 1, No.1

Istarani dan Pulungan. 2016. Ensiklopedia Pendidikan Jilid 1. Medan: Larispa

Khoeron dkk. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Produktif”. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.2, Desember 2014: 291-297

Maiyetri dan Ansofino. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya belajar Auditorial, dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Padang”. Journal of Economic and Economic Education, Vol. 2, No. 2: 100-109.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003. Sekretariat Negara. Jakarta

_________. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007. Lembaran Negara RI Tahun 2007. Sekretariat Negara. Jakarta

_________. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005. Sekretariat Negara. Jakarta

Sipayung. 2018. Pengaruh Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kelas XI AP di SMK SW RIS Maduma Sumbul T.A 2017/2018. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan

Sagala. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sanjaya. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta

Syah. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.