DESAIN PEMBELAJARAN NASKAH DRAMA (SKENARIO) OLEH SISWA SMP DALAM APLIKASI MATERI SASTRA
Sari
ABSTRAK
Naskah Drama atau skenario merupakan salah satu bahan ajar sastra pada tingkat pendidikan menengah pertama. Bahan ajar merupakan suatu komponen yang penting dalam kegiatan pembelajaran yang menampilkan kompetenti sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah menyusun naskah drama sebagai bahan ajar pada tingkat sekolah menengah pertama. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan proses kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil pembahasan menjadikan suatu kontribusi untuk pelaksanaan pembelajaran sastra. Penulisan naskah drama akan melatih siswa untuk membangkitkan imajinasi positif terhadap kepekaan sosial. Dengan demikian, proses pembelajaran akan menjaikan karakter siswa yang lebih peka terhadap pengaruh negatif tantangan lokal dan pengaruh negatif tantangan global.
Kata kunci: Naskah drama, bahan ajar, siswa SMPTeks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Fauzi, Harry D. 2007. Bagaimana Menulis Drama?. Bandung: CV. Armiko.
Hidayati, Novita Nur. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama
Lutters, Elizabeth. 2006. Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: PT Gramedia
Priyatno, Joko. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui
Rahmanto, B. 2013. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sudjiman, Panuti. 1992. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.