PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI BEBAN KERJA DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA LHOKSEUMAWE DAN KABUPATEN ACEH UTARA

Sulaiman ., Razali .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini menguji pengaruh beban kerja, kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai, serta menguji efek mediasi dari variabel kepuasan kerja. Sampel dalam penelitian ini adalah 114 orang pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan metode SEM (structural equation modelling) menggunakan Amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel beban kerja, kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja serta variabel motivasi kerja memediasi beban kerja dengan variabel kinerja secara parsial mediasi dan variabel motivasi kerja memediasi kualitas kehidupan kerja dengan variabel kinerja secara full mediasi.

Kata Kunci: Beban kerja, Kualitas Kehidupan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Pegawai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR REFERENSI

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Dhania, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia

Ghozali, Imam. 2013. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 21 Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan. 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Informed Consent dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Instalasi Rawat Inap BP RSUD Kraton Pekalongan, Naskah Publikasi, http://digilib.unimus.ac.id

Mas’ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Mathis, Robert L dan John H. Jackson, (2011). Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.

Mugiawan, S. 2012. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Pegawai di Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Ciamis. Repository.upi.du.

Parvar, Mohammad Reza Faghih, Sayyed Mohsen, and Reza Ansari. (2013). Effect of Quality of Work Life on Organizational Commitment by SEM, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences (Online) 3(10): 135-144.

Riggio, Ronald E. 2000. Introduction to Industrial/Organizational Psychology. Third Edition. Printice Hall. Upper Saddle River. New Jersey.

Rivai, Veithzal 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tarwaka 2010, Dasar–Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja, Surabaya: Harapan Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.