ARDUINO HOME CONTROL BERBASIS SPEECH RECOGNITION

Imam Muslem R

Sari


ABSTRAK

Kebutuhan akan teknologi informasi semakin hari semkin meningkat. berbagai permasalahan baru muncul untuk diselesaikan dengan menggunakan teknoogi informasi. Sebagai salah satu contoh adalah sistem kontrol yang praktis. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu banyaknya peralatan elektronik yang digunakan dalam sebuah rumah membuat pemilik rumah harus memiliki sistem kontrol yang efektif dan efisien. Dalam sebuah rumah, terdapat beragam peralatan elektronik yang memiliki kontrol yang beragam pula. Ada peralatan yang menggunakan tombol switch sebagai kontrol nya, ada pula yang menggunakan remote untuk menghidupkan dan mematikannya. Ide dari penelitian ini yaitu bagaimana cara mengembangkan sebuah sistem kontrol yang bersifat all in one yang bisa digunakan untuk semua peralatan elektronik tersebut. Penelitian ini telah menghasilkan suatu sistem kontrol yang memanfaatkan arduino sebagai pemroses nya. Sistem yang dibangun ini memungkinkan pemilik rumah untuk mengontrol seluruh peralatan rumah tangga hanya dengan memberikan perintah suara melalui smartphone nya. Sistem yang dibangun masih dalam bentuk prototype, akan tetapi sifatnya adalah High Fidelity Prototype (HFP), yang artinya sistem yang dihasilkan adalah sistem yang siap pakai apabila ingin diimplementasikan ke dalam dunia nyata.

Kata kunci: Arduino, Google Voice, Home Control, Smart Home, Speech Recognition.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anonymous. 2013. “Master Mikro Arduino”. E-book .

Artanto D, 2012,“Interaksi Arduinodan LabView”. Jakarta : Penerbit PTElex Media Komputindo.

Ichwan, M., Husada, M. G., & Rasyid, M. I. A. (2013). Pembangunan prototipe sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android. Jurnal Informatika, 4(1), 13-25.

Junaidi, A. (2015). Internet of Things, Sejarah, Teknologi dan Penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3).

Kadir, A, 2012, “Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramanya Menggunakan Arduino”.

Magdalena, G., Aribowo, A., dan Halim, F. (2013). Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis. Proceedings Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, 301-205.

OESNAWI, E. (2014). Perancangan Sistem Pengontrolan Lampu Dan AC Yang Terintegrasi Secara Nirkabel Berbasis Low Cost Dan Low Power Radio Frequency.

Safaat, Nazruddin. 2011. “Android,Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”. Penerbit INFORMATIKA: Bandung.

Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A. (2002). High-fidelity or low-fidelity, paper or computer? Choosing attributes when testing web prototypes. Paper presented at the Proceedings of the human factors and ergonomics society annual meeting.

Wibowo, H., Somantri, Y., dan Haritman, E. (2013), Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Jurnal Electrans, 12, 39-48.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.