ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELI PADA TOKO PAKAIAN WANITA ADI CAHAYA PANTON LABU
Sari
ABSTRAK
Toko Pakaian Wanita Adi Cahaya Panton Labu adalah bisnis yang bergerak di bidang baju dan fashion khusus wanita yang telah berdiri sejak tahun 2000, beralamat di Jl. Mesjid Raya Pase No.2, Kota Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembeli, yang mana di ukur dengan lima variabel bebas yaitu Kehandalan (reliability) X1, Tanggap (responsiveness) X2, Jaminan (assurance) X3, Empati (empathy) X4, Bukti fisik (tangible) X5. Untuk melihat sejauh mana pengaruh dan hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Pakaian Wanita Adi Cahaya Panton Labu, dilakukan pengolahan data melalui persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer statistik SPSS 20. Hasil pengolahan data dengan uji t menunjukkan untuk Kehandalan (X1), diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.051 > 1.989) dan Sig > 0.025 (0.043 > 0.025) yang artinya berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Untuk variabel Tanggap (X2), diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.090 > 1.989) dan Sig > 0.025 (0.039 > 0.025) yang artinya berpengaruh positif dan terhadap kepuasan pelanggan. untuk Jaminan (X3), diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.179 > 1.989) dan Sig > 0.025 (0.032 > 0.025 yang artinya berpengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Untuk Empati (X4), diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.121 > 1.989) dan Sig > 0.025 (0.037 > 0.025). Ini berarti variabel empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan serta untuk Bukti fisik (X5), diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.364 > 1.989) dan Sig > 0.025 (0.020 > 0.025). Ini berarti variabel bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan merupakan variabel yang paling dominan dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Hasil dengan uji F didapatkan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (5.005 > 2.31), dan nilai signifikansi (sig) = 0,000 yang lebih kecil dari nilai α = 0.05. Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan.
Kata Kunci: kepuasan pembeli, kehandalan, tanggap, jaminan, empati, bukti fisik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad dan Asrori, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium.Prehallindo, Jakarta.
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas Pelayanan sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) Morodemak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006, h. 41-62. Jakarta.
Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Anggota IKPI, Ghalia Indonesi, Jakarta.
Rambat Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktik.PT. Salemba Emban Patria, Jakarta.
Roesanto.2000. Manajemen Pemasaran. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Suratno, S., & Purnama, N. B. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, 7 (1), 69-87. Jakarta.
Tjiptono, Fandy.2006. Manajemen Jasa, Edisi Pertama.Andi, Jakarta.
Tjiptono, Fandy.2008. Strategi Pemasaran. Edisi tiga.Andi, Jakarta.
Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis No. 3. Jilid 10, Yogyakarta.
Zacoeb, A. 2015. Metode Penelitian: Populasi dan Sampel. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.