PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII MTsN LHOKSEUMAWE
Sari
ABSTRAK
Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa didasari dengan model pembelajaran selama ini yang dilaksanakan guru cenderung tidak mampu menciptakan suasana aktif. Kemampuan koneksi yang masih rendah dalam Mengenali dan menggunakan koneksi antar topic matematika, mengkoneksikan antar disiplin ilmu lain, mengenali dan menggunakan matematika dengan keterkaitan di luar matematika. Siswa hanya bisa menyelesaikan soal matematika yang tertera contoh dan konsep dibuku tanpa memikirkan penyelesaian mereka sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN Lhokseumawe. Penelitian ini mengunakan pendekatan Kuantitatif kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan Pretes-Postes Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Lhokseumawe, sedangkan sampel yaitu kelas VIII2 sebagai kelas kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan kelas VIII8 sebagai kelas konvensional. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,90 > 1,671; pada taraf signifikan = 0,05. Dan hasil aktivitas Guru dan siswa pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing menunjukkan bahwa taraf keberhasilan pembelajaran rata-rata berkategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN Lhokseumawe.
Kata Kunci: kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Satuan Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Purnamawati, Yuli. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Retensi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah
Faridi, Salman. 2002. Komik Sebagai Media yang Mengasyikkan. Majalah Sabili no.16 Jakarta (on line). http://www.republika.co.id/diakses 19 maret 2016
Herdian. 2010. Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi matematis/. Diakses Tanggal 01 April 2013
Hastarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada
Kusuma, Mega Listyotami.2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa kelas VIIIA SMPN 15 Yogyakarta melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5E”. Skripsi. Yogyakarta : FMIPA UNY
Moleong, Lexy. J.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda
Rahmania, D. (2012). CD Interaktif. Tersedia: http://denia1990.blogspot. com/2012/09/cd-interaktif.html (diunduh: 2 februari 2016).
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Trianto. 2009. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Kencana Predana Media Grup. Jakarta