ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DALAM MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
Sari
ABSTRAK
Menjadi seorang guru tidaklah mudah, dituntut memiliki keterampilan dasar mengajar terutama keterampilan dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa PPL program studi pendidikan ekonomi dalam mengaplikasikan keterampilan mengelola kelas di sekolah latihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Program studi pendidikan ekonomi yang sedang melaksanakan PPL pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 138 orang, maka sampel diambil secara acak 30% dari jumlah populasi sebanyak 41 orang. Hasil analisa data menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan dalam mengaplikasikan keterampilan pengelolaan kelas rata-rata tergolong rendah dengan rata-rata persentase 38,85% dan ada beberapa deskriptor yang kesulitannya cukup tinggi yaitu memberi komentar tiap balikan dengan persentase 48,78%, menuntut tanggung jawab siswa dengan persentase 44,39%, memberi teguran yang jelas dan tegas terhadap tingkah laku yang mengganggu dengan persentase 42,44%, menghindari teguran dengan cara kasar dan menyakitkan atau penghinaan denganĀ persentase 48,29%, penguatan tingkah laku yang positif agar terulang lagi dengan persentase 42,44%, menghilangkan tingkah laku yang tidak diinginkan dengan persentase 42,93% dan memperlancar tugas dengan menghimpun kerjasama dan kesatuan dengan persentase 47,80 %. Hasil penelitian ini memberi gambaran bahwa betapa pentingnya keterampilan mengelola kelas oleh guru dan calon guru, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kelas tidak selalu berada dalam keadaan kondusif saat proses belajar mengajar berlangsung.
Kata Kunci: Kesulitan Mahasiswa PPL, Keterampilan Mengelola Kelas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar.L.M. 1993.Proses Belajar Mengajar Pola CBSA.Usaha Nasional.Surabaya.
Daniel Muijs & David Reynolds. (2008). Effective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Michael Marland. (1990). Seni Mengelola Kelas Tugas Penampilan Seorang Pendidik. Semarang: Dahara Prize.
Usman.U. 2006. Menjadi Guru Profesional.PT. Remaja Rosda Karya.Bandung.