PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG BIREUEN

Chairul Bariah

Sari


ABSTRAK

Tujuan dan penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis sejauh mana pengaruh keterlibatan pemakai sistem informasi, dukungan manajemen, dan formalisasi pengembangan sistem informasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta untuk melihat dan menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas informasi terhadap peningkatan kerja. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bank BRI (Persero) Cabang Bireuen, dengan sampel sebanyak 40 responden dan teknik pengambilannya dengan random sampling. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada karyawan bank disamping metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian dengan analisis deskriptif pesentase menunjukkan kualitas system informasi termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh Y = 16,879 + 0,386. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 5,832 dengan p value 0,001< 0,05. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepu asan kerja. Hasil koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,110, artinya 11.0% dipengaruhi oleh kualitas sistem informasi, sisanya 89,0% dipengaruhi  variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Kata Kunci: Kualitas Sistem Informasi Manajemen dan Kepuasan Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrianty (2012) Pengaruh Role Conflict Role Ambiguity, Dan Work-Family Conflict Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Kap Di Sumatera Bagian Selatan) Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol 2 No 3 Tahun 2012

Gibson, James L, Ivancevich, John M and Donnely, James H. Jr., (2006), Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Binarupa Aksara, Jakarta.

Handoko, Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Penerbit PT, Remaja Rosdakarya.

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »