PERAN MEDIA DAN KEPUASAN STAKEHOLDER UNTUK PENCITRAAN UNIVERSITAS ALMUSLIM

Zulkifli M.Kom

Sari


ABSTRAK

Media merupakan suatu alat untuk memberi informasi dan pencerahan bagi masyarakat, media juga merupakan relasi penting bagi perguruan tinggi untuk bermitra dalam upaya mempromosikan, mempublikasikan berbagai kemajuan dan keunggulan. Bagi sebuah perguruan tinggi, kerja sama dengan media merupakan suatu pembuktian, adanya kepercayaan dan pengakuan, terhadap keunggulan mutu, lulusan dan produk ilmiah, sehingga output tersebut dapat dipublikasikan melalui media kepada stakeholder. Untuk mempromosikan berbagi produk hasil olahan dari perguruan tinggi diperlukan komunikator untuk dapat mengkomunikasikan berbagai hal kepada stakeholder. Laporan Hasil Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai data juga dianalisis dengan menggunakan diagram untuk menentukan posisi masing aspek kinerja berdasarkan skala prioritas untuk level universitas, nilai kepuasan mahasiswa atas kinerja lembaga secara umum sebesar 50%. Selain itu kepuasan secara umum, dari hasil pengukuran ini juga diketahui rerata nilai kepuasan per-komponen maupun per-aspek kinerja. Nilai kepuasan atas 5 komponen kinerja, komponen yang paling kecil nilai perbedaan kinerjanya yaitu sebesar 1%. Hubungan Masyarakat (Humas) menjadi salah satu strategi dalam membentuk pencitraan sebuah institusi baik itu citra positif maupun citra negatif. Untuk membentuk suatu opini pencitraan suatu institusi, humas harus melakukan berbagi kerjasama dengan berbagi stakeholder, kerjasama yang dilakukan juga ada timbal balik untuk kedua belah pihak sesuai dengan pencapaian dari sebuah perjanjian yang disepakati bersama. Pada prinsipnya kerjasama adalah saling memberi mamfaat bagi kedua lembaga, sehingga ini dapat berguna dan terlaksana sesuai dengan Tridarma perguruan tinggi.

Kata kunci: Humas, Strategi, Pencitraan, Institusi, Stakeholder dan media


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aitchison, Jim & Lwin, May. 2005. Clueless In Public Relation. Diterjemahkan oleh Jusupadi. PT. Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia. Jakarta.

Djanaid, Djanalis. 2003. Publik Relation Dalam Teori dan Praktek. Edisi VII (Revisi). Indopurels Training. Malang.

Lattimore. 2010. Public Relation Profesi & Praktek. Selemba Humanika.

Meinanda, Teguh. 2008. Tanya Jawab Dasar-Dasar Publik Relation. Cetakan Kedua, Armico. Bandung.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.BPK Gunung Mulia

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relatoins & Media. Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

_______.2005. Manajemen Public Relation Dan Media Komunikasi.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2009.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Laporan Tahunan Wakil Rektor IV Universitas Almuslim, 2017

JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 4, No. 3 (2015) 494


Refbacks

  • »