IMPLIMENTASI PENDEKATAN PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MAN JANGKA

Mulyadi Zakaria

Sari


ABSTRAK

Psikologi pembelajaran merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku individu melalui proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana gambaran umum MAN Jangka, pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran dan implimentasi pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran di MAN Jangka. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran umum MAN Jangka, pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran dan implimentasi pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran di MAN Jangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data, penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan data reduksi, display dan verifikasi. Temuan penelitian menginformasikan: MAN Jangka didirikan pada tahun 1999. Jumlah guru dan pegawai 42 orang dan siswa sebanyak 323, dengan rombongan belajar 13 ruang. Sarana dan prasarana di MAN Jangka telah mencukupi sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran meliputi Pertama, psikologi pembelajaran adalah termasuk dalam psikologi khusus yang mengkaji masalah tingkah laku individu dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. Kedua, psikologi dapat memberikan masukan terhadap proses pembelajaran diantaranya adalah prinsip-prinsip dan teori pembelajaran, perbedaan karakteristik siswa, pengukuran pendidikan, tingkah laku-tingkah laku sosial dan kepribadian. Ketiga, metode psikologi pembelajaran adalah observasi diri (metode intropeksi), metode eksperimen (observasi eksperimental), metode kuesioner (angket), metode studi kasus, metode klinis. Keempat, aspek-aspek psikologi dalam proses pembelajaran adalah perilaku mengajar, perilaku belajar dan interaksi pengajar pelajar. Implimentasi pendekatan psikologi dalam proses pembelajaran di MAN Jangka meliputi Pertama, menciptakan kondisi kondusif dalam belajar. Kedua, mengembangkan prestasi dalam belajar. Ketiga, mengembangkan semangat dan motivasi dalam belajar dan Keempat, meningkatkan prestasi belajar.

Kata Kunci: Pendekatan Psikologis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abuddin Nata, 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Anas Sudijono, 2008. Evaluasi Pendidikan, Cet. VIII, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Abin Syamsuddin Makmun,2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Baharuddin dan Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Media Group

Dalyono, 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

E. Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Cet. 2, Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamdani, 20111. Strategi Belajar Mengajar, Cet. 10, Bandung: Pustaka Setia

Iskandar Agung, 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran bagi Guru, Jakarta: Bestari Buana Murni

Martinis Yamin dan Maisah, 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas, Jakarta: GP Press

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Press

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Tri Rama K, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung

Wina Sanjaya, 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Iqbal, M. (2016). "REALITAS AKTUAL PRAKSIS KURIKULUM SUATU ANALISIS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DAN MADRASAH ALIYAH (MA)." JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN SOSIAL AGAMA (JIPSA) 16(25).

Najmuddin, M. (2015). "IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEDISIPLINAN TERHADAP SISWA SMA BABUL MAGHFIRAH COT KEU UENG." JURNAL LENTERA 13(4).

Najmuddin, M. (2017). "INTEGRASI UNSUR HUMANISASI, TRANSIDENSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM." JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN SOSIAL AGAMA (JIPSA) 4(1).


Refbacks

  • »
  • »
  • »