MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUK KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT KELAS VII SMP NEGERI 1 JANGKA

Shaleh Aksa

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jangka Tahun Pelajaran 2011/2012 yang mengalami kesulitan dalam memahami materi kegiatan pokok ekonomi. Ditinjau dari pendekatannya, pada umumnya guru mengajar ekonomi dengan menggunakan buku paket yang disajikan kepada siswa dalam bentuk ceramah. Hal ini juga sejalan dengan hasil wawancara peneliti dengan beberapa guru bidang studi ekonomi di SMP Negeri 1 Jangka diketahui bahwa masih banyak siswa kurang aktif dalam mempelajari ekonomi sehingga membuat hasil belajar mereka pada materi-materi ekonomi sangat rendah termasuk materi kegiatan ekonomi masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pembelajaran tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa untuk kegiatan ekonomi masyarakat kelas VII SMP Negeri 1 Jangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jangka sebanyak 32 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan yang dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 81,82% yang mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat.  Respon siswa terhadap pembelajaran tipe STAD untuk kegiatan ekonomi masyarakat adalah positif.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar dan Kegiatan Ekonomi                          Masyarakat

 


Pendahuluan

 

Salah satu usaha perbaikan kualitas pendidikan yaitu melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dalam hal ini peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari kualitas proses pembelajaran. Melalui proses pembelajaran tersebut peserta didik mendapatkan hasil belajar seperti yang diharapkan. Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi adalah manusia yang dapat mengembangkan potensi dirinya secara produktif bagi pembangunan nasional. Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan kata lain pendidikan mempunyai peranan penting karena pendidikan merupakan usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Melalui pendidikan akan dihasilkan peningkatan sumber daya manusia yang kreatif, produktif dan inovatif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Asrori, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Abdurahman Bintaro, 2000. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raneka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2001. Proses belajar mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hudoyo, 2000. Strategi Belajar Mengajar, Malang: IKIP Malang.

Moleong, L.J, 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2004 Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raneka Cipta.

Nur. 2000. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional KDT.

Susanti, 2009. Cooperative Learning. Bandung:Remaja Rosdakarya

Suryanto. 2006. IPS Ekonomi SMP Jilid 2 Untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Suprijono Agus, 2009. Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Pelajar

Soemanto, 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Fajar Interpratama Offset

Trianto. 2000. Model-Model pembelajaran Inovatif Bereontasi Konruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Thabrany, 2005. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raneka Cipta.

Usman, 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Winkel, 2003. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.