PARTISIPASI GURU DALAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN 50 KOTA SUMATERA BARAT

Hariki Fitrah

Sari


ABSTRAK

 

Geography Teachers’ association is an action to up grade teacher’s professionalism in teaching. The aim of this research is to describe about techers’ participant in Senior High School Geography Teachers’ association in 50 Kota regency, such as theory exploration, teaching media/aids and how is the effect to teaching and learning process. The type of research used is qualitative research. Research result shown that teachers’ participation in MGMP of SMA Geography goverment school in theory exploration, teaching media/ aids is still low. Meanwhile in practising the result got in MGMP were shown that not all teachers apply in teaching and learning process. It was seen that the effect of MGMP to teaching and learning process are Geography Teachers’ feel very much the effect and benefit by joining MGMP. Problems faced by the teachers in MGMP such as as long distance location, firm teaching time, lack of fund, few tutors, healthy, technology illiterate and teaching media/aids.

 

Kata Kunci: Participation, Teacher dan  MGMP Geography

 


Pendahuluan

 

Peningkatan profesional guru saat ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru. Guru sebagai tenaga pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan memiliki profesional dalam menjalankan tugasnya maka akan menciptakan individu yang berkualitas.

Menyadari pentingnya peranan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, banyak upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam melaksanakan tugasnya salah satu melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya guru-guru mata pelajaran tertentu untuk bermusyawarah berkaitan dengan permasalahan yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran.

Dengan dilaksanakanya kegiatan MGMP yang berkesinambungan diharapkan membawa perubahan pada guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini juga akan berjalan dengan maksimal apabila adanya dukungan dari dinas pendidikan setempat, kepala sekolah serta adanya partisipasi dari guru-guru mata pelajaran untuk ikut dalam kegiatan MGMP.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Irianto, Agus.2011. Pendidikan Sebagai Investasi Dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Khomsan Ali. 2006. Solusi Makanan Sehat. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009.Implementasi KTSP Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Asdi Mahasatya.


Refbacks

  • »