PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Marwan Hamid dan Thaibah

Sari


ABSTRAK

Sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, berguna meningkatkan hasil belajar ekonomi disetiap jenjang pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah mdoel pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif sangat cocok di terapkan pada pembelajaran ekonomi karena dalam mempelajari ekonomi dibutuhkan suatu pemahaman serta kemampuan menyelesaikan persoalan ekonomi dengan baik dan benar. Melalui model pembelajaran ini siswa dapat mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat, saling bekerja sama jika ada teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Sedangkan permasalahan yang diambil adalah; bagaimana gambaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Acheivement Division (STAD) terehadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTsN Peusangan pada materi kegiatan pokok ekonomi, bagaimana gambaran hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif  tipe STAD pada materi kegiatan pokok ekonomi, bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi kegiatan pokok ekonomi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif bersifat asosiatik, Metode kuantitatif asosiatik digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan pokok ekonomi di MTsN Peusangan.instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistik. pengolahan data digunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 0,508 > 0,284. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa ekonomi kelas VII di MTsN pada materi kegiatan pokok ekonomi.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar Siswa


PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan salah satu komponen terpenting yang mampu meningkatkan pembangunan bangsa dan Negara, kemajuan suatu bangsa tergantung pada bagaimana bangsa tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada, dalam hal ini sangat berkaitan erat dengan kualitas dari setiap pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakat terutama kepada peserta didik atau siswa yang ada disetiap satuan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling utama penentu sebuah keberhasilan dalam pembangunan nasional disebuah Negara, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional, maka perlu adanya pembenahan dalam setiap proses belajar mengajar yang ada disetiap satuan pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Asriani, 2011. Implementasi Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VII MTsN Samudra pada Materi Segi empat. Lhokseumawe: Skripsi Stain Malikussaleh

Arikunto,S, (2007) Prosedur Penelitian Ilmiah, Rineka Cipta, Jakarta

Best, 2005. Prosedur Penelitian (suatu penelitian praktik) Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dimyati, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Darmito, Purwo, 2010. Pengaruh Hasil Belajar Anak Dalam Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurmawan. 2009. Kagiatan Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv

Trianto, 2007. Model pembelajaran inovatif berorientasi kontrukifistik konsep landasan teoritis praktis dan implementasi, Jakarta: prestasi pustaka

Triyanto, Novita K. 2009. Buku Acuan Pengayaan Ips Terpadu Ekonomi Untuk SMP/MTsN, Solo: Cv Sindunata

Udin S. Winataputra. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.