PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL PETANI TERHADAP PRODUKSI PADI DI KECAMATAN SAWANG

Zuriani .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi petani yang pada umumnya berpendidikan rendah serta memiliki pola pikir yang susah untuk diajak berubah. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dampak karakteristik sosial petani terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Aceh Utara. Data yang digunakan adalah data cross section yang diambil pada bulan Februari 2012 berdasarkan musim tanam tahun 2011. Metode  yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ternyata karakteristik sosial petani padi sawah yang terdiri dari umur, pendidikan, jumlah tanggungan dan pengalaman berusahatani secara serempak tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Sawang. Sedangkan secara parsial, umur dan pengalaman berusahatani berpengaruh signifikan pada taraf kepercayaan 10% terhadap produksi padi sawah.

 

Kata kunci: Karakterisitik Sosial, Petani Padi Sawah dan Produksi Padi.


PENDAHULUAN

Kabupaten Aceh Utara merupakan sentral  penghasil padi di Provinsi Aceh dengan luas tanam mencapai 56.627 hektar dan produksi total sebanyak 285.019,80 ton (BPS Provinsi Aceh, 2010). Diantara kecamatan penghasil padi di Kabupaten Aceh Utara, Kecamatan Sawang merupakan Kecamatan dengan nilai produktivitas tertinggi yaitu sebesar 94.90 kwintal/ hektar (BPS Aceh Utara, 2010). Jumlah petani padi sawah di Kecamatan Sawang mencapai 3.976 rumah tangga dengan karakteristik sosial yang beraneka ragam. Karakteristik sosial yang dimaksud terdiri dari umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, dan pengalaman berusahatani. Karakteristik sosial yang dimiliki oleh masing-masing petani akan berpengaruh kepada keputusan yang diambil dalam berusahatani. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap produksi yang mereka dapatkan.

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak karakteristik sosial petani terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Aceh Utara. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui dampak karakteristik sosial petani terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak karakteristik sosial petani terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Aceh Utara. Kegunaan yang diharapkan dari penelitian adalah dapat menjadi sebagai referensi bagi petani dan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Aceh.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alfan Bachtar Harahap at.al., 2012. Pengaruh Sumber Daya Manusia (SDM) Petani Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah (Studi Kasus: Desa Pematang Setrak, Kec Teluk Mengkudu, Kab Serdang Bedagai). http:// download.portalgaruda.org. 28 Maret 2014.

BPS. 2010. Provinsi Aceh Dalam Angka Tahun 2010. Biro Pusat Statistik, Provinsi Aceh.

BPS. 2010. Aceh Utara Dalam Angka Tahun 2010. Biro Pusat Statistik, Kabupaten Aceh Utara.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara, 2011. Pemupukan Tanaman Padi Sawah. Kabupaten aceh Utara.

Gujarati, Damodaar N. 2003. Basic Econometricse, Fourtd Edition, Mc Graw Hill.

Payaman J. Simanjuntak, 1995, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, LPFE UI, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.